Home / Headline / Membangun Akses Air Minum di Sekolah Dasar di Fakfak, Papua Barat

Membangun Akses Air Minum di Sekolah Dasar di Fakfak, Papua Barat

Siswi SD mencoba mengkonsumsi air minum sehat dan aman
Siswi SD mencoba mengkonsumsi air minum sehat dan aman

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Project Child Indonesia, organisasi nirlaba yang berpusat di Yogyakarta, bekerja sama dengan komunitas Kitong Bisa Learning Center (KBLC) Fakfak, berkolaborasi dalam menyelenggarakan kampanye pendidikan kesehatan dan lingkungan

hidup di 8 sekolah dasar di Fakfak, Papua Barat.

Kampanye pendidikan ini dilaksanakan dalam rangka program penyediaan akses air minum untuk siswa sekolah dasar di Fakfak. Tidak adanya akses air minum gratis di sekolah, mendorong konsumsi minuman tidak sehat di kalangan siswa/siswi sekolah dasar. Siswa-siswi tersebut biasanya lebih memilih untuk minum minuman bergula, berpengawet dan berpemanis buatan karena lebih murah. Selain itu, konsumsi minuman tersebut menghasilkan sampah plastik dalam jumlah yang tidak sedikit.

Untuk mencoba mengatasi permasalahan tersebut, penyediaan akses air minum di sekolah melalui instalasi filter air minum yang aman, mudah dan murah, dapat menjadi solusi untuk membangun kebiasaan hidup sehat dan ramah lingkungan.

Program ini digawangi oleh Atin Prabandari, Advisor di Project Child Indonesia dan didanai oleh pemerintah Australia melalui Alumni Grant Scheme yang dikelola oleh Australian Awards di Indonesia. Program ini bertujuan untuk menyediakan akses air minum di sekolah dasar di Fakfak, Papua Barat, serta membangun kebiasaan minum air yang cukup dan kesadaran lingkungan untuk siswa SD di Fakfak.

Penyerahan alat penyaring air minum sehat
Penyerahan alat penyaring air minum sehat

Sekolah penerima manfaat program ini akan mendapatkan instalasi penyaring air minum serta kampanye pendidikan kesehatan dan lingkungan hidup. Program ini dilaksanakan mulai 22 Maret hingga 30 Maret 2019 di 8 sekolah, antara lain; SDN 01 Fakfak, SD Inpres 6/75, MI Asy-Syafi’iyah, SD YPPK Fatima, SD YPPK Santo Yohanes Gewerpe, SD Inpres 2 Fakfak, SD Inpres 2 Wagom, dan SD YPPK Santa Maria Magdalena Lusiperi.

Komunitas Kitong Bisa Learning Center (KBLC) Fakfak, akan menjadi mitra utama dalam kampanye pendidikan lingkungan hidup dan kesehatan dengan merekrut relawan pemuda-pemudi Fakfak yang sebelumnya telah mendapatkan pelatihan khusus bersama tim Project Child Indonesia.

Melalui program ini diharapkan, anak-anak di Fakfak dapat mengakses air minum yang aman, murah dan mudah supaya tingkat kesehatan siswa-siswi sekolah dasar di Fakfak dapat terjaga. (des/wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Peresmian pembukaan Rumah Pintar Wri Kah di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak

RUMAH PINTAR KOKAS, ANAK-ANAK PAPUA DI KAMPUNG SIAP BERKREASI HINGGA KE TINGKAT INTERNASIONAL

INFOFAKFAK.COM, KOKAS_ Bertempat di Kokas, sebuah kampung indah yang terletak di sebelah barat Kota Fakfak, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>