Home / Headline / Besok, 8 TPS Di Fakfak Akan Coblos Ulang, Adakah Perubahan Perolehan Suara Paslon 01?

Besok, 8 TPS Di Fakfak Akan Coblos Ulang, Adakah Perubahan Perolehan Suara Paslon 01?

Hasanudin Rettob (nomor dua dari kiri) komisioner KPU Fakfak
Hasanudin Rettob (nomor dua dari kiri) komisioner KPU Fakfak

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Delapan TPS di Kabupaten Fakfak, Papua Barat, Sabtu besok (27/4) akan menggelar Pemilihan Suara Ulang atau PSU alias coblos ulang. Kedelapan TPS tersebut dianggap belum memenuhi keabsahan pemilihan suara dalam Pemilu 2019 yang digelar 17 April lalu.

Bawaslu Kabupaten Fakfak menemukan adanya pemilih dari luar Kabupaten Fakfak, mencoblos di TPS-TPS tersebut, hanya berbekal e-KTP, tanpa adanya formulir A5. Sebagaimana diketahui, formulir A5 diperlukan untuk pindah TPS untuk mencoblos.

Hasanuddin Rettob, anggota KPU Fakfak menyampaikan bahwa, untuk pemakaian e-KTP hanya berlaku bagi penduduk di daerah tersebut.

“Makanya saya heran juga. Ini mengapa ada KPPS yang membolehkan orang luar Kabupaten Fakfak yang mencoblos hanya membawa e-KTP saja. Harus ada formulir A5. Saya yang membekali dalam bimtek, kok,” ujar Hasanudin, saat menyaksikan PSU di TPS 01 Kampung Ubadari pada Rabu (24/4) lalu.

Delapan TPS yang akan menggelar coblos ulang besok, antara lain; 4 TPS di Kelurahan Fakfak Selatan yakni TPS 11, TPS 12, TPS 15 dan TPS 16 yang lokasinya saling berdekatan. TPS 21 Kelurahan Fakfak Utara, serta tiga TPS di Distrik Kokas, yakni, TPS 01 Kelurahan Kokas, TPS 02 Kelurahan Kokas dan TPS 01 Kampung Sisir.

Informasinya, salah satu alasan digelarnya coblos ulang adalah adanya pemilih ABK KM Nggapulu yang mencoblos hanya berbekal e-KTP, tanpa formulir A5.

Sebagaimana terjadi di TPS 01 Kampung Ubadari, Distrik Kayuna, yang menggelar coblos ulang pada Rabu (24/4) lalu, terjadi perubahan signifikan atas perolehan suara paslon presiden/wapres. Awalnya, pada pemilihan sebelumnya, perolehan suara untuk paslon Jokowi/Ma’ruf memperoleh suara penuh, 114 suara. Setelah coblos ulang, pasangan paslon nomor urut 01 tersebut hanya memperoleh 70 suara. Dan paslon nomor urut 02 tidak mendapatkan suara.

iklan-JNE-Fakfak

Lalu, bagaimana tren perolehan suara para paslon presiden/wapres pada coblos ulang di delapan TPS besok?

Seorang warga kota Fakfak menyampaikan bahwa, sebelum para ABK datang mencoblos, di beberapa TPS dimenangkan oleh paslon nomor urut 02. Namun, setelah para ABK itu mencoblos, paslon 01 menang. Bagaimana perolehan suara besok? Mengingat, coblos ulang besok tidak diikuti oleh para ABK KM Nggapulu. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>