Home / Headline / Benang Kusut Surat Suara Pemilu 2019

Benang Kusut Surat Suara Pemilu 2019

Bupati Fakfak, Dr. Mohammad Uswanas, M.Si. dan istri, usai mencoblos di TPS 020 Kelurahan Fakfak Selatan
Bupati Fakfak, Dr. Mohammad Uswanas, M.Si. dan istri, usai mencoblos di TPS 020 Kelurahan Fakfak Selatan

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Hajat nasional, Pemilu 2019 yang dilaksanakan hari ini, Rabu (17/4), hingga berita ini diupload, masih berlangsung. Bupati Fakfak, Dr. Mohammad Uswanas, M.Si. beserta keluarga, mengawali pencoblosan di TPS 020 Kelurahan Fakfak Selatan, Distrik Fakfak, yang berlokasi di depan rumah dinas Bupati Fakfak.

Usai mencoblos, Mohammad Uswanas yang biasa disapa Mocha, menyampaikan harapannya agar, Pemilu 2019 dapat berjalan dengan baik, dan masyarakat memanfaatkan hak pilihnya untuk menentukan pemimpin bangsa.

“Saya berharap semua menggunakan hak pilihnya, agar pelaksanaan Pemilu ini sukses. Hingga jam 4 sore kemarin, belum ada laporan tentang kerusakan logistik pemilu. Ada memang keterlambatan dan masalah honor KPPS, namun sudah bisa diselesaikan,” jelas Bupati.

PantauAN wartawan di beberapa TPS di Distrik Fakfak dan Distrik Pariwari, pelaksanaan coblosan berjalan kondusif. Namun, masalah kekurangan surat suara terjadi di beberapa TPS. Akibatnya, cukup banyak masyarakat yang kesulitan menyalurkan hak politiknya.

Di TPS 05 Kelurahan Wagom Distrik Pariwari misalnya, surat suara yang tersedia hanya 163 ditambah 3 lembar surat suara cadangan. Padahal, jumlah pemilih di RT 12 dan RT 08 ini, lebih dari jumlah dalam DPT. Akibatnya, hingga pukul 13.00 WIT, puluhan orang bingung tak tahu harus menuju ke TPS mana. Sebab, TPS terdekat dari lokasi tersebut, surat suaranya juga terbatas bahkan sudah habis.

Rustam Rettob, seorang wartawan yang tinggal di lingkungan tersebut, juga mengaku namanya tidak terdaftar dalam DPT.

“Saya sudah dua kali mengikuti Pilkada dan nama saya tertera dalam DPT. Namun dalam Pemilu serentak kali ini, nama saya dan nama keluarga saya, serta beberapa warga tetangga saya, tidak terdapat dalam DPT. Kami juga tidak mendapat formulir C6 atau undangan. Dan saat akan mendaftar menggunakan KTP, ternyata surat suaranya sudah habis. Saya kurang paham dengan masalah ini. Namun menurut saya, masalah awal dari pendaftaran oleh Pantarlih. Sebab saya tidak pernah didatangi oleh Pantarlih,” ujar Rustam.

Syukurlah, beberapa orang akhirnya mencoblos di TPS yang berlokasi depan Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil. Namun di TPS ini, pemilih juga masih banyak yang mengantri, lantaran sama dengan TPS 05 tadi, beberapa TPS yang kekurangan surat suara, juga berharap bisa mencoblos di TPS ini.

Sementara itu, TPS khusus di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Fakfak, juga mengalami kekurangan surat suara.

Heru, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Fakfa, kepada wartawan menyampaikan bahwa, pihaknya akan meminta tambahan surat suara.

“Kami masih kekurangan sekitar 30 surat suara. Surat suara sesuai DPT berjumlah 71 orang. Namun DPTb ada 30 orang tambahan sehingga berjumlah 101. Kami akan berkoordinasi dengan KPU, kami akan meminta kekurangan surat suara untuk dibawa kesini,” terang Heru.

Menurut Heru, kurangnya surat suara disebabkan salah satunya, adanya warga binaan LP yang masuk dan keluar. Dan saat ini, jumlah warga binaan mencapai 135 orang dari kapasitas normal 120 orang.

H. Heru, Kepala LP kelas IIB Fakfak, kekurangan surat suara
H. Heru, Kepala LP kelas IIB Fakfak, kekurangan surat suara

Sengkarut surat suara dikabarkan juga terjadi di RT 01 Keluarahan Fakfak Selatan. Salah seorang warga melalui grup whatsapp mengabarkan adanya seratusan orang yang tidak terdaftar dalam DPT dan surat suara sudah habis.

Wartawan yang mencoba mengontak komisioner KPU belum direspon. Wartawan juga belum berhasil menemui anggota KPU di kantornya.

Kejadian kekurangan surat suara, nampaknya juga terjadi di lingkungan kerja LNG di Kabupaten Bintuni. Karena kekurangan ini, beberapa karyawan LNG yang berasal dari Fakfak, diijinkan kembali ke Fakfak hanya untuk mencoblos. Selanjutnya, mereka ditunggu speedboat perusahaan untuk segera kembali ke lokasi kerja. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Pelaksanaan PSU di TPS 01 Kampung Ubadari, Distrik Kayuni, Fakfak

Coblos Ulang Di Ubadari, Suara Jokowi Hilang 44 Suara

INFOFAKFAK.COM, KAYUNI_ Pemungutan Suara Ulang atau PSU atau coblos ulang yang digelar di TPS 01 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>