Home / Headline / Jalan Tertutup Longsor, Pemilik Perahu Mengais Rejeki

Jalan Tertutup Longsor, Pemilik Perahu Mengais Rejeki

Permbukaan jalan Fakfak-Kokas yang tertimbun longsoran tanah, batu dan pohon, terus dilakukan sejak Minggu kemarin
Permbukaan jalan Fakfak-Kokas yang tertimbun longsoran tanah, batu dan pohon, terus dilakukan sejak Minggu kemarin (dok Har)

INFOFAKFAK.COM, KOKAS_ Setiap peristiwa yang terjadi, selalu ada hikmah. Tak terkecuali dengan peristiwa longsornya tanah yang disertai batu dan pohon yang terjadi di Kampung Pangwadar, Distrik Kokas. Longsor yang terjadi Minggu (10/3) subuh itu, menutup jalan Fakfak Kokas sepanjang lebih kurang 50 meter. Akibatnya, arus lalu lintas dari dan ke Distrik Kokas, lumpuh total.

Meski begitu, rejeki justru dinikmati para pemilik perahu di Distrik Kokas. Tertutupkan akses utama Fakfak menuju Kokas tersebut, membuat masyarakat memilih transportasi laut sebagai alternatif utama, kembali seperti kondisi beberapa tahun lalu, sebelum jalan darat menembus ke Kokas.

“Daripada kami harus menginap di Kokas, akhirnya kami bertiga terpaksa menyewa perahu atau longboat dari Pasar Kokas dan turun di Kampung Ubadari lalu melanjutkan ke Fakfak menumpang taksi. Tarifnya 500 ribu,” kata Ridwan, karyawan sebuah perusahaan yang bekerja di LNG Tangguh, Bintuni.

Menurut Ridwan, cukup banyak masyarakat yang menggunakan perahu untuk keluar dari Kokas menuju Fakfak. Sebab, dengan kondisi hujan yang sering mengguyur daerah tersebut, masyarakat tidak tahu, sampai kapan akses jalan darat bisa terbuka lancar.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Fakfak, Samaun Dahlan, S.Sos. M.A.P. menyampaikan bahwa, pihaknya sudah melakukan upaya pembukaan jalan sejak Minggu kemarin.

“Kemarin upaya pembukaan jalan sudah dilakukan, dan informasinya, pagi ini jalan sudah bisa dibuka setengah. Belum bisa dibuka total, sebab ketinggian tanah longsoran lebih kurang 40 meter, serta kondisi hujan,” jelas Samaun, saat dikonformasi melalui jaringan telepon.

Informasi terkini, disampaikan oleh Hariyanto, anggota Kodim 1803/Fakfak yang menyampaikan bahwa, pagi tadi jalan sudah bisa dibuka separuh.

“Masih ada satu eksavator serta personil dari Koramil Kokas, anggota kepolisian dan masyarakat yang membantu membuka akses jalan. Tadi pukul 10.00, jalan terpantau sudah bisa dilalui, meski harus bergantian,” ujar Hariyanto.

Sejak kemarin, Dandim 1803/Fakfak, Letkol Inf. Yatiman, A.Md. memang memerintahkan agar personil Koramil Kokas segera membersihkan jalan yang tertutup material longsor. Petugas dan aparat yang  dibantu masyarakat, juga menyiramkan air ke jalan, agar lumpur dapat dibersihkan dan tidak membuat jalan licin. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Muhammad Lie

Soal Berita Speedboat terbakar, Tak Perlu Bisa Meramal Untuk Mengedit Status Di Facebook

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Berita “Heboh “Ramalan” Terbakarnya Speedboat Di FB Yang Jadi Kenyataan”, yang dipublish media ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>