Home / Headline / Hasil Pemilu Diamankan Di Lokasi Yang Telah Ditentukan, Bukan di Koramil

Hasil Pemilu Diamankan Di Lokasi Yang Telah Ditentukan, Bukan di Koramil

Ketua KPU Kabupaten Fakfak (kanan) menyerahkan berita acara penerimaan surst suara dan formulir kepada Ketua Bawaslu Kabupaten Fakfak
Ketua KPU Kabupaten Fakfak (kanan) menyerahkan berita acara penerimaan surst suara dan formulir kepada Ketua Bawaslu Kabupaten Fakfak

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Ketua KPU Kabupaten Fakfak, Dihuru Dekri Radjaloa menyampaikan bahwa, logistik Pemilu berupa surat suara dan formulirnya, serta hasil pemungutan suara nanti, akan diamankan atau disimpan di lokasi yang telah ditentukan, bukan disimpan di Koramil atau markas militer seperti yang sedang viral di media sosial.

“Lokasi pengamanannya tetap sesuai pentunjuk yang ada. Dari TPS, surat suara akan dikumpulkan dan diamankan di PPD. Belum ada petunjuk lain, “ kata Dekri, saat konferensi pers di Kantor KPU Kabupaten Fakfak, Senin (04/03) kemarin siang.

Dalam konferensi pers yang juga dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Fakfak, Fahri Tukwain dan Kabag Ops Polres Fakfak, Kompol Jaigot Banjarnahor ini, Dekri yang didampingi oleh komisioner KPU Kabupaten Fakfak Hasanudin Rettob, Abdon Retraubun, dan Yanuarius Kery Meak, menjelaskan bahwa pihaknya telah menerima 267.096 Lembar surat suara pada Minggu (03/03) lalu serta 405 boks formulir yng dikirim oleh PT. Pos Indonesia pada Senin (04/03).

“Logistik Pemilu 2019 berupa surat suara yang dikirim melalui KM Tidar, telah kami terima dan disimpan dalam gudang KPU. Sedangkan formulirnya baru kami terima hari ini. Aparat keamanan akan mengamankan logistik Pemilu ini hingga Pemilu berakhir,” ujar Dekri.

Surat suara yang diterima tersebut, terdiri atas surat suara presiden dan wakil presiden, surat suara Pemilu DPD, surat suara Pemilu DPRD Dapil Papua Barat, surat suara Pemilu DPRD Kabupaten Fakfak Dapil 1 , 2 dan Dapil 3.

Sedangkan formulir yang diterima, terdiri atas fomurlir C-1 plano Presiden dan Wakil Presiden, C-1 Plano DPD, C-1 Plano DPRD Provinsi Papua Barat, C-1 Plano DPRD Kabupaten/Kota, Dapil – I, Dapil – II, dan Dapil – III  serta fomulir C – KPU, C-1 Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, C-1 Pemilu DPD, C-1 Pemilu DPR, C-1 Pemilu DPRD Provinsi, dan C-1 Pemilu DPRD Kabupaten / Kota Dapil – I, Dapil – II, dan Dapil – III, yang diserahkan oleh dua kontraktor yang berbeda.

Dekri melanjutkan, dalam waktu yang tidak lama, surat suara ini akan disortir untuk memastikan jumlah dan kondisi surat suara. Dan seperti pada pelaksanaan Pemilu sebelumnya, penyortiran surat suara ini, akan melibatkan pihak luar, dalam hal ini biasanya siswa SMA.

“Untuk penyortiran waktunya hingga 31 Maret dengan melibatkan pihak lain,” ujar Dekri.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Fakfak, Kompol Jaigot Banjarnahor menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan pengamanan terhadap logistik Pemilu selama 24 jam penuh.

“Ada 12 personil polisi yang akan bertugas di Kantor KPU ini. Nantinya, polisi juga mengawal pendistribusian dan pengembalian logistik Pemilu hingga tuntas,” ujar Kompol Jaigot Banjarnahor. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Uji coba perakitan kotak dan bilik suara

Disaksikan Bawaslu, KPU Fakfak Uji Coba Merakit Kotak Suara Dan Bilik Suara

INFOFAKFAK.COM_ Disaksikan Bawaslu Fakfak, Jumat (18/1) siang, KPU Fakfak merakit kotak dan bilik suara, yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>