Home / Headline / Wakil Bupati Fakfak Resmikan Rumah Singgah “Griyo Raharjo” Ikawara

Wakil Bupati Fakfak Resmikan Rumah Singgah “Griyo Raharjo” Ikawara

Wakil Bupati Fakfak meresmikan rumah singgah "Griyo Raharjo" Ikawara Kabaupaten Fakfak
Wakil Bupati Fakfak meresmikan rumah singgah “Griyo Raharjo” Ikawara Kabupaten Fakfak

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Wakil Bupati Fakfak, Ir. Abraham Sopaheluwakan, M.Si., Minggu (13/1) siang meresmikan rumah singgah “Griyo Raharjo” Ikawara, yang berlokasi di samping eks asrama haji di Torea. Peresmian yang ditandai dengan pemukulan gong ini, didampingi pula oleh Wakil Ketua III Bidang Peradilan Adat dan Syariah Dewan Adat Mbahammatta Fakfak, Jubair Hobrow.

Wakil Bupati Fakfak berharap, keberadaan rumah singgah dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, khususnya bagi masyarakat Jawa raya di Kabupaten Fakfak.

Hanung Raharjo, mantan Ketua Ikawara yang juga ketua panitia pembangunan rumah singgah, dalam laporannya menjelaskan bahwa, untuk sementara dibangun rumah singgah dulu, nantinya akan dilanjutkan dengan pembangunan pendopo, yang menjadi sentra kegiatan masyarakat Jawa raya di Kabupaten Fakfak.

“Dulu, nama perkumpulan kami ialah Ikasuwara, namun sudah berubah menjadi Ikawara yang berarti Ikatan Keluarga Jawa Raya di Kabupaten Fakfak. Pembangunan rumah singgah ini, merupakan bantuan hibah dari pemerintah daerah serta gotong royong dari seluruh paguyuban yang tergabung dalam Ikawara,” jelas pensiunan Kepala Stasiun TVRI di Fakfak itu. “Setelah membangun rumah singgah, akan dilanjutkan dengan membangun pendopo dua lantai,” lanjutnya.

Hanung juga berharap, agar pemerintah daerah dapat membangun jalan aspal sekitar 100 meter agar sampai di komplek pendopo.

Peresmian yang dihadiri oleh ratusan warga Jawa di Kabupaten Fakfak ini, juga ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh tiga perwakilan tokoh masyarakat Jawa dari agama Islam, Kristen dan Hindu. Dan selanjutnya, potongan tumpeng diserahkan kepada sesepuh warga jawa, Wakil Bupati dan Wakil Ketua Dewan Adat Mbaham Matta.

Hadir dalam kesempatan ini, Komandan Kodim Fakfak, Letkol Inf. Yatiman, Amd., Kepala Dinas PUPR Samaun Dahlan, S.Sos. M.A.P, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Gondo Suparapto, SKM. M.Si., Marthen Wo, Wakil Sekretaris lll Dewan Adat Mbaham Matta dan ratusan undangan lainnya.

Dan, seni campursari dan pagelaran reog, menutup prosesi peresmian rumah singgah “Griyo Raharjo” ini. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Tiga komunitas memberikan dukungan kepada Abdul Basir Tuhepaly Raih Posisi Ketua KNPI

Tiga Komunitas Dukung Abdul Basir Tuhepaly Raih Posisi Ketua KNPI

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Tiga komunitas di Kabupaten Fakfak, antara lain Fakfak Mengajar, Jelajah Fakfak dan Pencinta, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>