Home / Headline / Kabel PLN Putus Diterjang Kapal Barang, Ribuan Rumah Gelap Gulita

Kabel PLN Putus Diterjang Kapal Barang, Ribuan Rumah Gelap Gulita

Kapal barang Hijau Jelita Surabaya menerjang kabel listrik yang melintang di atas Pelabuhan Fakfak
Kapal barang Hijau Jelita Surabaya menerjang kabel listrik yang melintang di atas Pelabuhan Fakfak (foto dok. IF)

INFOFAKFAK.COM_ Kapal barang Hijau Jelita Surabaya yang dioperasikan SPIL, sebuah perusahaan ekspedisi muatan laut asal Surabaya, Kamis (24/1) sekira pukul 16.45 WIT, menerjang kabel jaringan PLN, yang melintang di atas Pelabuhan Fakfak, Papua Barat. Akibatnya, aliran listrik dari Kota Fakfak ke ribuan pelanggan di daerah seberang yang meliputi tiga distrik, padam.

General Manager PT. Pelindo IV Cabang Fakfak, Syarif Kasim menjelaskan bahwa, kejadian ini kemungkinan disebabkan oleh kelalaian manusia atau human error.

“Informasi dari petugas, nahkoda tidak menggunakan pandu laut, dan memilih pandu darat saja. Seharusnya, untuk keamanan, menggunakan pandu laut. Sedianya, kapal tersebut akan keluar dari Pelabuhan Fakfak. Kemungkinan lain, kapal melaju karena dorongan angin yang cukup kuat, sehingga ketika akan berputar, kapal melaju dan menerjang kabel listrik yang melintang di atas Pelabuhan Fakfak. Sempat terlihat bunga api ketika kabel putus,” jelas bapak tiga anak asal Makassar yang baru bertugas tiga bulan ini.

Pihak kapal dibantu petugas KSOP dan Pelindo Fakfak, menstabilkan posisi kapal yang mengangkut kontainer tersebut, dengan menambatkan tali ke tambatan di pelabuhan, dan dilakukan penarikan dari kapal. Anak Buah Kapal atau ABK Kapal Hijau Jelita Surabaya, terpaksa memutus kabel PLN berukuran besar yang melilit di cerobong asap, dengan alat seadanya.

Kabel PLN yang melintang di atas Pelabuhan Fakfak tersebut, sebenarnya sudah beberapa kali diterjang kapal yang “kebablasan”. Kondisi ini, tentu berpotensi membahayakan pelayaran dan aktivitas di pelabuhan. Entah mengapa, posisi kabel yang berbahaya ini tidak dipindahkan.

Sementara itu, pihak PLN kepada wartawan menjelaskan bahwa, perbaikan jaringan kemungkinan lebih dari dua hari. Sebab, pihak PLN masih harus mengumpulkan material dulu. Berikutnya, PLN masih harus membenahi tiang penyanggah di dua sisi yang nampak miring dan informasinya, pondasi mengalami keretakan. Setelah dua hal tersebut selesai, barulah dilakukan penarikan dan penyambungan kabel kembali.

Belum diketahui, berapa nilai klaim kerugian yang akan diajukan PLN kepada SPIL sebagai pemilik kapal. Namun, untuk beberapa waktu, selain di daerah seberang, listrik di area pelabuhan dan sebagian Jl. Dr. Salasa Namudat, akan padam. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Kasatpol PP Kabupaten Fakfak, Arif H Rumagesan

Jelang Pemilu, Satpol PP Akan Menutup Sementara Tempat Penjualan Miras

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Kepala Satuan Polisi Pamong Praja atau Sapol PP Kabupaten Fakfak, Arif H Rumagesan, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>