Home / Headline / Asyik Bingit, Hanya Bayar 2.939.706, Sekeluarga Bisa Bawa Mobil Ke Tual

Asyik Bingit, Hanya Bayar 2.939.706, Sekeluarga Bisa Bawa Mobil Ke Tual

KMP Erana, melayani pelayaran rute Fakfak-Kaimana-Tual, PP.
KMP Erana, melayani pelayaran rute Fakfak-Kaimana-Tual, PP.

INFOFAKFAK_ Efek ekonomis alias efek hemat, tentu akan dirasakan oleh masyarakat Fakfak dengan beroperasinya KMP Erana, yang dilaunching Jumat (18/1) kemarin, di Pelabuhan Fakfak, Papua Barat. KMP atau Kapal Motor Penumpang dengan kapasitas  245 penumpang, 25 kendaraan dan diawaki oleh 20 ABK ini, akan melayani pelayaran Fakfak-Kaimana dan Tual, bolak balik.

Bayar 2.939.706 bisa bawa mobil bersama keluarga ke Tual?

Berdasarkan SK tarif sementara nomor 551.4/06/DISHUB-PB/I/2019 tanggal 9 Januari 2019, tarif penumpang dewasa rute Fakfak hingga Tual adalah Rp. 155.000. Sedangan tarif anak dipatok 103.000. Sementara itu, tarif mobil golongan IV seperti jenis avansa, cukup membayar Rp. 2.939.190 saja. Sehingga, pasangan suami istri dengan dua anak, plus 1 unit mobil, cukup merogoh kocek 2.939.706 rupiah.

Plt. Sekretaris Kabupaten Fakfak, Drs Suryanto Mucharmsyah, mewakili Bupati Fakfak, didampingi Forkopimda, melaunching pelayaran perdana KMP Erana, ditandai dengan pengguntingan pita.

Hadir pula dalam kesempatan ini antara lain, General Manager ASDP Cabang Tual, Imaran Kuru, Nahkoda KMP Erana bersama seluruh perwira dan ABK.

Dalam sambutan Bupati Fakfak yang dibacakan Suryanto,  Bupati menyampaikan, ““KMP Erana merupakan salah satu armada yang akan menjadi solusi, untuk mengarungi tempat atau pulau yang sulit untuk dijangkau dan kehadiran armada tersebut sebagai solusi mengatasi arus mudik masyarakat di Kabupaten Fakfak,”

Sedangkan GM ASDP Cabang Tual, Imran Kuru berharap, kerjasama ini nantikan akan ditingkatkan, dan keberlangsungan pelayaran harus didukung oleh masyarakat. Imran juga berharap,  suatu ketika Kabupaten Fakfak memiliki dermaga fery tersendiri, agar proses pelayanan transportasi khususnya KMP Erana atau sejenis lainya, dapat berjalan dengan baik, aman dan tenang.

KMP Erana, kapal berbobot 1.029 GRT dengan panjang 56.02 meter dan lebar 14 meter, serta memiliki kecepatan operasional 10 knot ini,  adalah jenis kapal tipe ro-ro atau roll on-roll off, yang bisa mengangkut penumpang dan kendaraan, karena dilengkapi dengan pintu rampa, yang bisa dihubungkan dengan dermaga apung atau bibir pantai sekalipun.  (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Leo Fajar Kristono, Pemimpin Cabang BRI Fakfak menyerahkan dana CSR 350 juta kepada Dandim 1803/Fakfak

BRI Salurkan CSR 350 Juta Untuk Rehab 10 Rumah Veteran Fakfak

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ BRI Cabang Fakfak, Kamis (10/10) pagi tadi, menyerahkan bantuan CSR atau Corporate Social ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>