Home / Headline / 100 Miliar Bagi Pematangan Tanah Bandara Siboru

100 Miliar Bagi Pematangan Tanah Bandara Siboru

Samaun Dahlan, S.Sos. M.A.P., Kepala Dinas PUPR Kabupaten Fakfak
Samaun Dahlan, S.Sos. M.A.P., Kepala Dinas PUPR Kabupaten Fakfak

INFOFAKFAK.COM_ Pemerintah Kabupaten Fakfak, menganggarkan 50 miliar dana APBD, untuk pembangunan Bandara Siboru. Dan, pemerintah pusat mendukung dengan mengucurkan 50 miliar. Demikian disampaikan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Fakfak, Samaun Dahlan, S.Sos. M.A.P. beberapa waktu lalu.

“Untuk anggaran tahun 2019 ini, pemerintah daerah menganggarkan 50 miliar. Sedangkan pemerintah pusat, akan mengucurkan 50 milar dari program SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) untuk infrastruktur perhubungan tahun 2019. Sehingga total ada 100 miliar yang akan kita pakai untuk pembangunan Bandara Siboru, utamanya untuk pematangan tanah,” jelas Samaun. “Nanti akan dibagi, dana dari APBD untuk lahan pendukung, seperti apron, perkantoran dan lahan parkir. Sedangkan 50 miliar dari pusat, kita fokuskan untuk menggarap tanah runway,” lanjutnya.

Lebih jauh Samaun menjelaskan, hal tersebut sudah dibahas bersama, antara pihaknya dengan perwakilan dari Direktorat Pembinaan dan Pendanaan Pembangunan Bappenas RI, dalam gelar rapat terbatas 4 kabupaten bersama pihak kementerian lembaga, pada 10 Januari 2019 lalu,   di ruang SS 1 Bappenas, Jakarta.

“Dalam rapat tersebut, Fakfak bersama tiga kabupaten lain di Papua dan Papua Barat, yakni Kabupaten Raja Ampat, Manokwari dan Nabire, akan memperoleh dana dari  program SBSN di luar dari APBN, yang dianggarkan untuk infrastruktur perhubungan udara,” ujar Samaun, yang namanya banyak disebut orang untuk maju dalam Pilkada 2020  ini.

Kepala Dinas yang aktif sebagai Ketua Ta’mir Masjid Agung Baitul Makmur ini merencakan, Mei mendatang, pihaknya sudah bergerak dalam pematangan lahan bandara di Kampung Siboru tersebut.

Samaun juga menegaskan kembali bahwa, penetapan lokasi baru Bandara Siboru, sudah dilakukan oleh Kementerian PUPR. Tidak ada alternatif lain kecuali bangun baru atas pertimbangan kondisi Bandara Torea saat ini. Kaitan dengan dokumen sudah lengkap. RTT Bandara di akhir bulan Februari 2019 sudah selesai juga. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Kasatpol PP Kabupaten Fakfak, Arif H Rumagesan

Jelang Pemilu, Satpol PP Akan Menutup Sementara Tempat Penjualan Miras

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Kepala Satuan Polisi Pamong Praja atau Sapol PP Kabupaten Fakfak, Arif H Rumagesan, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>