Home / Headline / Jelang 1 Desember, Tokoh Fakfak Menilai Ipoleksosbud Papua Sudah Merdeka

Jelang 1 Desember, Tokoh Fakfak Menilai Ipoleksosbud Papua Sudah Merdeka

Safi Yarkuran, Ketua Barisan Merah Putih Kabupaten Fakfak (dok. IF)
Safi Yarkuran, Ketua Barisan Merah Putih Kabupaten Fakfak (dok. IF)

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Jika di daerah lain masih meributkan masalah kemerdekaan Papua, tidak demikian dengan di Kabupaten Fakfak. Setidaknya, demikian disampaikan oleh Ketua Barisan Merah Putih Kabupaten Fakfak, Safi Yarkuran, S.Sos. siang tadi (30/1) di kediamannya.

“Masyarakat Fakfak sudah paham, sudah mengerti, mana yang baik dan mana yang tidak baik. Masyarakat Fakfak hanya berpikir bagaimana perekonomian berjalan dengan baik,” ujar Safi, saat disinggung terkait 1 Desember yang biasa diperingati sebagai hari peringatan kemerdekaan Papua.

Menurut Safi,  yang pada 2019 nanti akan mengadu visi misi sebagai calon anggota legislatif dari PKB ini, dari sisi ideologi, ekonomi, politik, sosial dan budaya, Papua sudah merdeka.

“Papua sudah merdeka. Ideologi, ekonomi, politik, sosial dan budaya di Papua sudah merdeka,” ujar Safi. “Sepanjang masih ada UUD 1945 dan pancasila, maka NKRI adalah harga mati,” tambahnya.

Kabupaten Fakfak merupakan daerah yang damai, dan masyarakatnya tidak berpikir macam-macam. Masyarakat hanya berpikir, bagaimana perekonomiannya berjalan dengan baik. Kebutuhan hidupnya terpenuhi.

“Untuk itu, mari beraktivitas sesuai keseharian kita. Yang pedagang, petani atau nelayan, mari beraktivitas sesuai profesinya,” himbau Safi, yang juga sebagai Ketua Umum Pengkab Perbakin Kabupaten Fakfak ini.

Sementara itu, Ketua terpilih Dewan Adat Mbaham Matta Fakfak, periode 2018-2023, Sirzet Gwas Gwas,  menggarisbawahi bahwa, moment 1 Desember masyarakat diminta untuk tetap menjaga kedaimaian, persatuan dan kesatuan.

“Mengenai 1 Desember, yang kita harapkan adalah kedamaian dan ketenangan masyarakat itu sendiri,” himbau Sirzet, yang baru dikukuhkan sebagai Ketua Dewan Adat Mbaham Matta siang tadi, di aula gereja Santo Yosef, Fakfak. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Suasana Training of Trainer Local Tourism Guide

20 Orang Mengikuti Training of Trainer Inklusi Digital Pariwisata

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Training of Trainer Inklusi Digital Pariwisata yang diselenggarakan oleh Alpha-I, yang merupakan organisasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>