Home / Headline / Perbakin Fakfak Diharapkan Aktif Tertibkan Senjata dan Perburuan Hewan Dilindungi

Perbakin Fakfak Diharapkan Aktif Tertibkan Senjata dan Perburuan Hewan Dilindungi

Pembukaan Rapat Kerja Perbakin Fakfak
Pembukaan Rapat Kerja Perbakin Fakfak

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Banyak hal menarik yang mencuat dalam Rapat Kerja Perbakin Kabupaten Fakfak, yang diselenggarakan di Hotel HI pada Selasa (2/10) kemarin. Beberapa hal yang mendapat sorotan serius antara lain, banyaknya masyarakat yang memiliki senjata diluar ketentuan  dan perburuan liar hewan yang dilindungi.

Nampaknya, dua hal ini mendapat perhatian dari Staf Khusus Bupati Fakfak Bidang Polhukam, Rudolf Michael, yang juga mantan Kapolres Fakfak. Menurut Rudolf, yang merupakan salah satu pembina Pemkab Perbakin Fakfak, dimana perburuan binatang marak terjadi, berarti Perbakin kurang aktif.

“Ini yang perlu menjadi perhatian kita. Senjata yang tidak sesuai peraturan, banyak dimiliki masyarakat. Sehingga perburuan hewan-hewan yang dilindungi, juga banyak terjadi. Kalau kita bicara perburuan hewan, bukan hanya bicara soal rusa. Burung-burung yang dilindungi juga termasuk. Burung-burung ini, banyak yang diperjualbelikan keluar daerah,” ujar Rudolf.

Untuk itu, Rudolf berharap Perbakin aktif mensosialisasikan masalah senjata dan memonitor perburuan liar tersebut, tentu bekerjasama dengan pihak kepolisian.

ejalan dengan itu, Ketua Pengkab Perbakin Fakfak, Safi Yarkuran, S.Sos., mengatakan, “Terhadap banyaknya senjata ielgal ini, kami akan lebih mengintensifkan kerjasama dengan kepolisian, untuk melakukan penertiban senjata ilegal, sehingga penggunaan senjata ini tidak disalahgunakan,”

Selain dua hal tersebut, Pengkab Perbakin Fakfak dituntut bisa menghasilkan atlit menembak yang bisa mewakili daerah jika ada kejuaraan menembak.

“Saya mengharapkan kepada Pengkab Perbakin Fakfak,  untuk menyiapan program yang konstruktif serta menyiapan atlit yang berprestasi dari Kabupaten Fakfak, yang bisa ikut PON yang dilaksanakan di Papua,” ujar Charles Kambu, S.Sos. M.Si., Asisten Bidang Perikonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Fakfak, saat membuka pelaksanaan Raker Perbakin Fakfak.

Mendukung keinginan pemerintah, Dandim 1796/Fakfak, Letkol Inf. Yatiman, A.Md. menegaskan bahwa, pihaknya mensupport Perbakin Fakfak.

“Untuk itu, lapangan tembak yang sudah kami renovasi, silakan dipergunakan untuk berlatih. Kami mendukung penuh. Dengan demikian, kita harapkan akan lahir atlit menembak dari Fakfak,” ujar Dandim.

Rapat Kerja yang juga dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Fakfak, Firdaus, SH., dan Wakapolres Fakfak, Ilhamsyah, SH. ini, juga disinggung masih minimnya dana hibah dari pemerintah daerah, sehingga pembinaan atlit kurang maksimal. Mengingat, olahraga menembak merupakan olahraga berbiaya tinggi.

Hal ini juga diakui oleh Sekretaris KONI Kabupaten Fakfak, John Toisuta, yang menyampaikan bahwa, suksesnya Perbakin ada pada beberapa hal penting, antara lain, sarana dan prasarana, sumber daya manusiadan anggaran.

“Kita tahu bahwa, Perbakin ini menggunaan perlatan yang sangat sensitif, sudah tentu sumber daya manusia yang baik, memang dibutuhkan. Dan berbicara anggaran, maka KONI selalu mengharapkan hibah dari pemerintah setiap tahun, karena KONI belum dapat menggali dari sumber-sumber dana inkonvensioanal, atau diluar dari bantuan pemerintah,”ujarnya.

 Hal menarik terkait perburuan hewan dilindungi, khususnya rusa, yang disampaikan wartawan senior Rico Letsoin, SH. beberapa waktu lalu.

“Kalau bicara soal berburu rusa, tentu menggunakan senjata api. Nah, siapa yang memiliki senjata api itu? Kita sudah tahu. Selain itu, hati hati dalam mengkonsumsi daging rusa hasil buruan dengan senjata api. Dagingnya bisa haram itu. Sebab diburu dengan menggunakan peluru milik negara. Lalu dagingnya ada yang dijual bebas,” kata Rico.

Rapat Kerja Perbakin Fakfak, menghasilkan belasan keputusan dan rekomendasi, yang nantinya menjadi acuan kerja bagi Pengkab Perbakin Fakfak, untuk empat tahun kedepan. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Suasana Training of Trainer Local Tourism Guide

20 Orang Mengikuti Training of Trainer Inklusi Digital Pariwisata

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Training of Trainer Inklusi Digital Pariwisata yang diselenggarakan oleh Alpha-I, yang merupakan organisasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>