Home / Headline / Pemuda Karas, Kumpulkan Donasi Bencana Lintas Pulau Gunakan Perahu,

Pemuda Karas, Kumpulkan Donasi Bencana Lintas Pulau Gunakan Perahu,

Pemuda Distrik Karas mengumpulkan donas sosial bencana palu dan Donggala
Pemuda Distrik Karas mengumpulkan donas sosial bencana Palu dan Donggala

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Kepedulian terhadap musibah yang menimpa saudara-saudaranya, membuat belasan pemuda asal Distrik Karas, Kabupaten Fakfak ini, mengumpulkan donas sosial untuk Kota Palu dan Kabupaten Donggala, dengan menggunakan perahu, mengunjungi kampung demi kampung, dari pulau ke pulau.

Kerry Yorre, koordinator aksi, menyampaikan bahwa, aksi mereka berlangsung dua hari, sejak 5 hingga 6 Oktober, dengan mengunjungi kampung-kampung menggunakan transportasi perahu.

“Kami memulai aksi dari Kampung Malakuli sebagai pos kami, dan dilanjutkan ke Kampung Kiaba, Faur, Tuberwasak, Tarak, Antalisa dan Mas. Dan dari aksi tersebut, kami berhasil mengumpulkan donasi sosial sebanyak Rp. 8.700.000. Dana tersebut, selanjutnya akan kami kirim melalui organisasi yang menjadi relawan penanggulangan bencana di Palu,” ujar Kerry.

Nampaknya, para pemuda Karas tersebut tak mau kalan dengan masyarakat Fakfak lainnya. Sehingga, meski harus menempuh jalur laut yang lebih sulit dan beresiko tinggi, semangat sosial mereka tetap menggebu.

Hingga Sabtu (06/10) kemarin, pengumpulan donasi sosial bagi bencana gempa, tsunami dan likuifaksi atau tanah bergerak di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, masih terus berlangsung.

Beberapa organisasi mahasiswa, berbagai organisasi masyarakat hingga komunitas emak-emak di Fakfak, turut meluangkan waktu mencari donasi sosial untuk Palu dan Donggala.

Tak hanya dbantuan berbentuk uang saja yang dkumpulkan. Kodim 1706 Fakfak malah membuka posko penerimaan donasi dan bantuan berupa barang, di lokasi wisata pantai Jl. Dr. Salasa Namudat atau lebih dikenal dengan sebutan jalan Baru, yang lokasinya tak jauh dari Pelabuhan Fakfak.

Pantauan media ini, saking banyaknya barang yang berhasil dihimpun di posko Kodim 1706 Fakfak, petugas harus menghirimkan bantuan menggunakan kapal dalam dua kali pemberangkatan. Sedangkan jumlah uang yang berhasil dihimpun, hingga 4 Oktober lalu, terkumpul Rp. 60.827.000. sehingga dipastikan, dana yang terkumpul hingga saat ini, lebih dari jumlah tersebut.

Sementara itu, Dewan Masjid Indonesia atau DMI Kabupaten Fakfak, juga mengumpulkan donasi dari infaq jamaah sholat Jumat di beberapa masjid di Kota Fakfak. Nantinya, donasi tersebut akan disalurkan di pos relawan DMI Sulawesi Tengah yang membuka pos di belakang Kantor Bappeda Pemprov Sulawesi Tengah. (wah)

 

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Suasana Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Fakfak, dalam rangka memperingati Hari Jadi  Kota Fakfak ke 118 tahun 2018,

Catatan HUT Fakfak Ke 118: Syukur, Pendapatan Orang Fakfak Rata-Rata Naik 3.060.000 Per Tahun

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Gegap gempitanya sebuah perayaan memperingati hari jadi sebuah daerah, adalah hal yang wajar. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>