Home / Headline / 317 Politikus Masuk Dalam Daftar Calon Tetap

317 Politikus Masuk Dalam Daftar Calon Tetap

KPU Fakfak menetapkan 317 orang masuk dalam DCT
KPU Fakfak menetapkan 317 orang masuk dalam DCT

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ KPU Fakfak, Rabu siang (20/9), menetapkan Daftar Calon Tetap  atau DCT Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Dalam DCT ini, KPU menetapkan 317 calon anggota legislatif dari 16 partai politik.

Sebelumnya, KPU Fakfak menerima 320 berkas bacaleg. Namun dalam penetapan Daftar Calon Sementara atau DCS pada 12 Agustus lalu, hanya 318 bacaleg yang lolos. Dua bacaleg, yakni dari PBB dan Partai Garuda tidak masuk dalam DCS dengan beberapa alasan.

Saat itu, Ketua KPU Fakfak, Dihuru Dekry Radjaloa menjelaskan bahwa, KPU Fakfak awalnya menerima 320 berkas bacaleg. Namun, ketika tahapan berjalan, 1 bacaleg dikeluarkan dari PBB dan 1 bacaleg dari Partai Garuda dinyatakan tidak sehat dan dikeluarkan oleh partainya sendiri sebelum penetapan DCS.

Dengan ditetapkannya 317 caleg dalam DCT tersebut, berarti 1 orang tidak lolos masuk DCT. Adalah kader dari PPP yang tidak lolos masuk DCT karena mengundurkan diri, belum cukup usia dan  surat keterangan tidak terlibat pidana  dari Pengadilan Negeri Fakfak tidak terbit.

Penetapan DCT ditandai dengan penandatangan berita acara oleh Ketua dan anggota KPU Fakfak dan diserahkan kepada Partai Politik peserta Pemilu, serta Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Fakfak.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Fakfak, Dihuru Dekry Radjaloa, S.P. menyampaikan, penetapan DCT anggota DPRD Kabupaten Fakfak sesuai amanat Undang-Undang No 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Kemudian Peraturan KPU No 20 tahun 2018 tentang pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, dan Peraturan KPU No 5 tahun 2018 tentang tahapan, program dan jadwal Pemlu tahun 2019,” ujar Dekry.

Dekry menyampaikan terima kasih kepada Parpol, juga Bawaslu, sehingga semua tahapan mulai dari pendaftaran bakal calon legislatif, verifikasi, penetapan Daftar Calon Sementara (DCS), hingga pada penetapan DCT berjalan dengan baik.

“Saya berharap semua tahapan pelaksanakanPpemilu 2019 dapat kita lalui bersama dengan baik,  hingga menghasilkan putra-putri terbaik yang mewakili masyarakat di parlemen,” imbuhnya.

Sementara itu, mewakili Bupati Fakfak, Joko Purnomo,  Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Fakfak dalam sambutannya mengharapkan agar semua pihak menghentikan menyebarkan berita yang tidak bertanggung jawab.

“Hentikan itu berita-berita bohong, hentikan itu caci maki, walaupun di dunia maya sekarang ini sudah merajalela terkait politik, jangan ikut-ikutan politik di pusat, mari kita pikirkan bagaimana pemilu ini menghasilkan keterwakilan rakyat di DPRD, tujuannya membangun daerah ini lebih maju berkembang,” Kata Joko.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Fakfak, Yan Piet Kambu, menyampaikan apresiasinya,  karena semua tahapan berjalan dengan baik.

“Walaupun ada beberapa kekurang-kekurangan, tapi itu sudah dapat kita benahi bersama,” ucapnya. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Suasana Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Fakfak, dalam rangka memperingati Hari Jadi  Kota Fakfak ke 118 tahun 2018,

Catatan HUT Fakfak Ke 118: Syukur, Pendapatan Orang Fakfak Rata-Rata Naik 3.060.000 Per Tahun

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Gegap gempitanya sebuah perayaan memperingati hari jadi sebuah daerah, adalah hal yang wajar. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>