Home / Headline / Demi HUT RI, Palang DPRD Dibuka Sementara

Demi HUT RI, Palang DPRD Dibuka Sementara

Pembukaan palang Gedung Sidang paripurna DPRD Kabupaten Fakfak, siang tadi (6/8).
Pembukaan palang Gedung Sidang paripurna DPRD Kabupaten Fakfak, siang tadi (6/8).

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Genap tujuh hari, akhirnya palang kayu yang menutup dua pintu utama gedung sidang paripurna DPRD Kabupaten Fakfak, Senin (6/8) siang tadi, dibuka. Palang kayu dibuka oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Fakfak dan Kasat Intel Polres Fakfak, setelah sebelumnya Ketua Dewan Adat Mbaham Matta Kabupaten Fakfak, Sirzet Gwasgwas, datang dan mengijinkan pembukaan palang.

“Silakan dibuka, namun ini untuk sementara. Palang kami ijinkan dibuka, demi memperingati hari kemerdekaan kita di bulan Agustus ini. Setelah itu kita akan berbicara lagi,” ujar Sirzet.

Menurut Sirzet, pemalangan akan dilakukan lagi, sampai dua hal utama yang menjadi tuntutan dewan adat dan mahasiswa Fakfak, mendapat solusi dari pemerintah daerah.

“Yang pertama masalah tapal batas tanah adat. Ini harus segera dibicarakan dan mendapat kepastian. Yang kedua, soluasi atas masalah asrama mahasiswa putra Fakfak di Jayapura,” jelas Sirzet.

Sirzet mengaku tidak mengetahui rencana pembicaraan masalah tanah adat yang direncanakan dilangsungkan di Distrik Bomberay pada 20 Agustus mendatang.

“Saya belum tahu. Kita ini di pihak yang memiliki tanah, tapi diserobot,” kata Sirzet.

Pembukaan palang gedung sidang paripurna sendiri, sebenarnya merupakan upaya DPRD agar sidang-sidang DPRD dapat segera dilaksanakan di gedung tersebut. Namun seperti pada saat pemalangan 31 Juli lalu, tidak ada anggota DPRD yang nampak di lokasi.

Terkait asrama mahasiswa putra Fakfak di Jayapura, Joshua Hindom, mahasiswa Fakfak di Jayapura berharap, pemerintah daerah segera memberikan kepastian, agar mahasiswa Fakfak yang saat ini ada di Jayapura, tidak terombang-ambing.

“Sejak 2015 asrama putra tersebut dalam keadaan dipalang. Sehingga, mahasiswa banyak yang tinggal diluar asrama. Keberadaan asrama bagi kami, tentu sangat penting dan sangat membantu. Sudah banyak tim yang datang, namun belum ada keputusan. Terakhir saat Januari lalu kami datang aksi ke kantor dewan ini, Wakil Bupati dan Sekda berjanji akan menganggarkan anggaran untuk asrama, namun hingga kini belum terdengar kelanjutannya,” terang Hindom.

Dijelaskan Joshua, saat ini pemerintah menyewa sebuah rumah yang difungsikan sebagai asrama. Namun kapasitasnya sekitar 15 mahasiswa saja. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Sekretaris Daerah Fakfak, H. Nasrun P Elake membuka Musda VI KKSS Kabupaten Fakfak

Steering Commite : Biarkan Musda Berjalan Secara Alamiah Dan Buka Kesempatan Bagi Semua Pihak

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Mencuatnya beberapa nama yang digadang-gadang menjadi calon Ketua KKSS periode 2018-2023, justru positif ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>