Home / Headline / Aparat gabungan Amankan Sekarung Sajam Saat Sweeping Jelang Musyawarah Adat

Aparat gabungan Amankan Sekarung Sajam Saat Sweeping Jelang Musyawarah Adat

Aparat gabungan mengamankan puluhan sajam saat sweeping di jembatan SP 3 Bomberay
Aparat gabungan mengamankan puluhan sajam saat sweeping di jembatan SP 3 Bomberay

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Aparat gabungan Polres Fakfak dan Kodim 1706/Fakfak, berhasil mengamankan satu karung senjata tajam. Puluhan sajam ini, didapat aparat saat melakukan sweeping terhadap massa yang akan mengikuti musyawarah adat di Halaman Kantor Distrik Bomberay pada Sabtu (25/8) kemarin.

Aparat melakukan sweeping di dua titik, yakni di jembatan SP 3 untuk massa yang datang dari Kabupaten Teluk Bintuni, dan di perempatan SP 6, untuk massa yang datang dari arah Kota Fakfak.

Massa dari Kabupaten Teluk Bintuni yang datang sekira pukul 12.00 WIT, mengendarai lebih dari 20 kendaraan berbagai jenis, serta beberapa motor. Dalam rombongan besar ini, massa didampingi Bupati Teluk Bintuni, Ir. Petrus Kasihiw, M.T., Dandim Manokwari, Letkol. Hendriek Mote dan Kapolres Teluk Bintuni, AKBP. Andriano Ananta S.I.K., serta tokoh adat masyarakat dari 7 suku di Kabupaten Teluk Bintuni.

Meski Kapolres Teluk Bintuni menjamin bahwa, massa sudah steril dari senjata tajam dan benda berbahaya lainnya, namun sweeping puluhan aparat gabungan yang dipimpin Kompol. Tanasale, berhasil mengamankan sekarung senjata sajam dan katapel, yang selanjutnya diserahkan kembali kepada aparat keamanan dari Teluk Bintuni yang mengawal massa.

Selanjutnya, ratusan massa ini diarahkan menuju Madrasah Aliyah Bomberay untuk istirahat. Dan di lokasi inilah, dipilih 20 orang akan mewakili masyarakat adat suku Irarutu dan suku Sumuri yang akan bermusyawarah di salah satu penginapan milik mantan Kapolres Fakfak yang saat ini menjabat sebagai Staf Khusus Bupati Fakfak bidang Polhukam, Rudolf Michail. Sebelumnya, musyawarah adat direncanakan digelar di halaman Kantor Distrik Bomberay. Namun karena hujan deras sejak siang, musyawarah adat dipindah ke penginapan tersebut.

Sementara itu, rombongan Dewan Adat Mbaham Matta Kabupaten Fakfak yang dipimpin Ketua Dewan Adat Mbaham Matta, Sirzet Gwas Gwas, tiba di perempatan SP 6 Bomberay sekira pukul 15.00 WIT. Nampaknya, hujan deras membuat rombongan yang mengendarai truk, taxi dan beberapa mobil ini terlambat tiba.

Aparat gabungan mengamankan beberapa barang yang dianggap berbahaya dan mengarahkan massa ke balai kampung. Di lokasi ini, dipilih 20 orang yang akan mewakili dalam musyawarah adat. Ketua Dewan Adat Mbaham Matta, Sirzet Gwas Gwas, dengan berpakaian adat Fakfak, memimpin delegasi ini.

Musyawarah adat antara suku Mbaham Matta dari Kabupaten Fakfak dan suku Irarutu serta suku Sumuri dari Kabupaten Teluk Bintuni, khusus digelar untuk mebahas masalah patok batas tanah adat.

Sebelumnya, masyarakat suku Irarutudari Kabupaten Teluk Bintuni, pada Jumat, 27 Juli 2018 lalu, memasang patok tapal batas tanah adat di Kampung Mitimber, Distrik Mbaham Ndandara. Artinya, suku Irarutu mengklaim bahwa batas tanah adat mereka, hingga lokasi tersebut. Pemasangan patok ini, oleh masyarakat adat Fakfak, dianggap terlampau jauh salahnya, dan jauh dari tapal batas yang selama ini sudah ada.

Atas insiden ini, Sirzet Gwas Gwas, Ketua Dewan Adat Mbaham Matta, sampai mengeluarkan pernyataan keras, saat aksi demo di Gedung DPRD Kabupaten Fakfak awal Agustus lalu.

Musyawarah adat ini sendiri, dinilai banyak pihak masih menggantung di awang-awang. Bahkan, Sirzet Gwas Gwas memiliki walk out, saat musyawarah dijeda ketika masuk waktu sholat maghrib. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Suasana Training of Trainer Local Tourism Guide

20 Orang Mengikuti Training of Trainer Inklusi Digital Pariwisata

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Training of Trainer Inklusi Digital Pariwisata yang diselenggarakan oleh Alpha-I, yang merupakan organisasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>