Home / Headline / Program Penanaman 1111 Pohon di Lembah Furia sebagai Rangkaian Kegiatan Hari Lingkungan di Kota Jayapura

Program Penanaman 1111 Pohon di Lembah Furia sebagai Rangkaian Kegiatan Hari Lingkungan di Kota Jayapura

Penghijauan Lembah Furia, Kelurahan Wahno, Distrik Abepura, Kota Jayapura.
Penghijauan Lembah Furia, Kelurahan Wahno, Distrik Abepura, Kota Jayapura.

Jayapura_ Pada Jumat, 29 Juni 2018, PLN bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Jayapura, melakukan penghijauan di lahan kritis hulu Sungai Siborogonyi yang berada di Lembah Furia, Kelurahan Wahno, Distrik Abepura, Kota Jayapura.

Penghijauan ini sebagai salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup di Kota Jayapura. Pada simbolis penyerahan, dihadiri juga oleh Wakil Walikota Jayapura, GM UIP Papua, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jayapura, serta pegiat lingkungan hidup.

Penghijauan ini, menggunakan dana CSR PLN sebesar 8.2 juta rupiah. Program penanaman 1111 pohon yang merupakan program PLN Peduli (CSR PLN) ini, sebagai bentuk kepedulian PLN terhadap lingkungan, mencegah efek rumah kaca dan mengurangi global warming. Program ini juga mengajak stakeholder PLN, masyarakat dan akademisi, untuk ikut bersama menjaga lingkungan hidup.

Wilayah Hulu Sungai Siborogonyi dipilih menjadi tempat penghijauan, karena wilayah tersebut merupakan daerah penyangga kawasan cyclops dan daerah penahan air hujan dari bagian lembah kelurahan Wahno, sehingga diharapkan dapat memitigasi banjir di daerah Kotaraja dan sekitarnya.
Wakil Walikota Jayapura, Rustan Saru, dalam pembukaannya mengingatkan akan dampak kerusakan lingkungan.

“Kemarau menjadi panjang menyebabkan kekeringan. Curah hujan sangat tinggi pada musim hujan menyebabkab banjir dimana-mana.” Ujarnya.

Dengan meningkatnya jumlah penduduk Jayapura, isu lingkungan perlu menjadi perhatian karena penduduk membutuhkan lahan untuk pemukiman sehingga hutan mulai tergerus. Dengan rehabilitasi lahan kritis, diharapkan dapat meningkatkan keadaan lingkungan Kota Jayapura.

Rustan berharap, PLN dan BUMN lain dapat terus aktif melakukan penghijauan di Kota Jayapura dan juga memonitor dan mengevaluasi keberhasilan program penghijauan.
“Menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan adalah salah satu misi korporat PLN, oleh karena itu sebagai komitmen untuk menjalankan misi korporat PLN, kita melaksanakan CSR untuk pelestarian lingkungan.” Ujar General Manager UIP Papua, Reisal Rimtahi Hasoloan.

Bagi PLN, lembah Furia merupakan daerah ring 1 yang berada di dekat Transmisi Waena-Jayapura dan Gardu Induk Skyline, sehingga PLN juga memiliki tanggung jawab untuk konservasi lingkungan di sekitar infrastruktur ketenagalistrikan. (Dimas Prabowo/PLN/wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Pembukaan Cabang SUBITU di Manokwari yang dihadiri Gubernur Papua Barat

Kelompok Usaha SUBITU Membuka Cabang Di Manokwari

INFOFAKFAK.COM, MANOKWARI_ PT. SUBITU Kreasi Busana (SKB) dan PT. SUBITU Karya Teknik (SKT), sebagai bagian ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>