Home / Headline / Luar Biasa, SMK Yapis Akan Terapkan Ujian Menggunakan HP Android

Luar Biasa, SMK Yapis Akan Terapkan Ujian Menggunakan HP Android

Suasana uji coba ujian berbasis HP android di SMK Yapis Fakfak
Suasana uji coba ujian berbasis HP android di SMK Yapis Fakfak

Fakfak_ SMK Yapis Fakfak melakukan inovasi luar biasa. Rencananya, 380 siswa dari kelas X dan XI, pada 22 – 29 Mei 2018, akan melakukan ujian sekolah atau PAS (Penilaian Akhir Semester) dengan menggunakan HP berbasis android dan komputer.

“Kemajuan teknologi harus dimanfaatkan untuk kemajuan setiap sekolah yang berbasis ITE , agar teknologi yang dimiliki dapat dimanfaatkan untuk hal yang Positif. Tujuannya untuk mempersiapkan lebih awal guna mengikuti UNBK nantinya,“ jelas Basseaty, Wakasek Kurikulum. “Selain itu, pengguan HP android dan kpmputer, adalah untuk mengikuti perkembangan dunia pendidikan saat karena semua tes atau ujian baik masuk perguruan Tinggi maupun dunia kerja, pasti menggunakan online,” sambungnya.

Untuk memantapkan rencana tersebut, SMK Yapis Fakfak telah melakukan uji coba kali kedua, tadi pagi (11/5). Dan hasilnya, uji coba atas 380 siswa tersebut berjalan sesuai harapan.

Disinggung terkait HP yang akan dipergunakan dalam ujian tersebut, Sumarwan, M.Pd. menjelaskan bahwa, HP yang dipergunakan adalah HP milik para siswa.

“Saat ini, hampir semua siswa memiliki HP berbasis OS andoid. Jika siswa belum memiliki HP dimaksud, maka sekolah telah menyiapkan 100 unit komputer di tiga laboratorium komputer yang dimiliki SMK Yapis Fakfak,” ujar Sumarwan.

Dijelaskan pula, meski menggunakan jaringan internet, ujian ini telah didesain agar siswa tidak ada waktu untuk browsing jawaban, semisal dari google.

“Setiap ujian sudah ditentukan waktu ujiannya dan ujian akan terkunci apabila telah melewati waktu yang ditetapkan. Selain itu, ada pengawas di setiap ruang ujian. Jadi kemungkinan browsing sangat kecil,” kata Basseaty.

OS atau operation system android sendiri, saat ini telah “sampai” pada versi 8 dengan nama android oreo, yang dirilis 21 Agustus tahun 2017 lalu. Kali pertama, android merilis versi 1.0 pada 23 September 2008. Semakin tinggi versinya, tentu semakin canggih dengan tingkat pengamanan yang lebih baik. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Palang Kampus "Air Merah" Politeknik Negeri Fakfak akhirnya dibuka

Setelah 24 Hari, Akhirnya Palang Kampus “Air Merah” Politeknik Negeri Fakfak Dibuka

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Semua pihak akhirnya bisa bernafas lega. Pasalnya, pemalangan Politeknik Negeri Fakfak atau Polinef ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>