Home / Headline / Kasus Pinjaman DPRD Digoyang Mahasiswa, Tuntut Kejaksaan Segera Tuntaskan

Kasus Pinjaman DPRD Digoyang Mahasiswa, Tuntut Kejaksaan Segera Tuntaskan

Forum Aktivis Aliansi Parlemen Jalanan menuntut kejaksaan tuntaskan kasus pinjaman uang rakyat oleh anggota dan mantan anggota DPRD Kabupaten Fakfak
Forum Aktivis Aliansi Parlemen Jalanan menuntut kejaksaan tuntaskan kasus pinjaman uang rakyat oleh anggota dan mantan anggota DPRD Kabupaten Fakfak

Fakfak_ Sekitar 30 orang aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Forum Aktivis Aliansi Parlemen Jalanan (APJ), Jumat (11/5) siang, berdemo di Kejaksaan Negeri Fakfak. Mereka menuntut kejaksaan segera menuntaskan kasus “koperasi simpan pinjam” anggota DPRD Kabupaten Fakfak yang mereka pakai dan banyak yang dikembalikan.

APJ beranggapan bahwa, ada indikasi dugaan korupsi dana operasional dan pinjaman anggota DPRD Fakfak periode tahun 2004-2009 dan 2009-2014, sehingga layak untuk segera dituntaskan.

Dibawah koordinasi Semuel L dan Antonius Fenetiruma, para mahasiswa mengawali demonya dari Mapolres Fakfak menuju Kejaksaan Negeri Fakfak. Sebelumnya, kepada kepolisian mereka merilis surat pemberitahuan terkait masalah yang “menyerap” uang rakyat sebanyak 3 milyar lebih ini.

Kasus ini sebenarnya sudah dibidik kejaksaan dan stausnya tengah berjalan. Kejaksaan komitmen untuk menyelesaikan kasus yang melibatkan cukup banyak anggota DPRD dan mantan anggota DPRD Kabupaten Fakfak ini.

Jauh hari sebelumnya, dugaan korupsi dalam kasus pinjaman uang rakyat ini, sudah disampaikan Kasi Pidsus Kejari Fakfak, Ahmad Bagir, SH.

“Karena yang dipakai adalah uang rakyat, maka bisa masuk kategori korupsi. Baik yang pinjam maupun yang meminjamkan bisa kena,” lanjut Bagir saat itu.

Pernyataan Bagir dipertegas oleh Kajari Fakfak, Rilke Jeffry Huwae, SH. MH. yang mengatakan, “Apa yang sudah ditetapkan dalam DPA tidak boleh dipergunakan untuk hal lain. Untuk itu,”

Meski belum dirilis resmi, informasinya, kejaksaan akan segera memanggil anggota dan mantan aggota DPRD Kabupaten Fakfak yang terlibat masalah ini, untuk diperiksa. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Koruptor sering diilustrasikan sebagai tikus. Kasihan si tikus

Kontraktor SDN Urat, Menantu Mantan Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Ditahan Polisi

Fakfak_ Direktur CV. Makmur Jaya, MK, kontraktor pembangunan rumah guru di SD Negeri Urat, telah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>