Home / Headline / Inovasi Tiada henti, SMK Yapis Terapkan Ujian Berbasis Android

Inovasi Tiada henti, SMK Yapis Terapkan Ujian Berbasis Android

Suasana ujian berbasis android di SMK Yapis Fakfak
Suasana ujian berbasis android di SMK Yapis Fakfak

Fakfak_ Hari perdana melaksanakan PAS atau Penilaian Akhir Semester yang akan berlangsung sejak kemarin (22/5) hingga Senin (28/5) mendatang, SMK Yapis berhasil melaksanan PAS berbasis android. Artinya, 380 siswa kelas X dan XI, menjalani ujian tanpa menggunakan kertas ujian, namun cukup pencet tombol di HP androidnya.

Untuk kesiapan ujian berbasis android ini, pihak sekolah telah melaksanakan uji coba hingga dua kali. Hal ini untuk memastikan kesiapan jaringan dan kesiapan keterampilan siswa menggunakan aplikasi inovatif tersebut.

Kepala SMK Yapis Fakfak, Sumarwan, M.Pd. menjelaskan bahwa, dengan melaksanakan PAS menggunakan HP android, banyak keuntungannya.

“Alhamdulilah pelaksanaan PAS di hari pertama berjalan sesuai harapan. Dan ujian berbasis android ini memang banyak keuntungannya. Antara lain, siswa lebih mudah membaca dibanding ujian dengan kertas. Jika ujian dengan kertas, siswa masih harus melingkari jawaban, kalau pakai android, cukup tekan tombol HP,” terang Sumarwan.

Menurut Sumarwan, keuntungan lainnya antara lain, efesiensi penggunaan ATK, menghemat penggandaan materi ujian serta tidak memberi kesempatan antara siswa saling kerjasama.

“Tidak bisa mencontek, sebab soal yang diinput otomatis akan berubah sesuai system. Sehingga, meskipun soalnya sama, tetapi penomorannya teracak. Dan keuntungan lainnya ialah menghemat ruangan. Jika ujian manual bisa menggunakan 11 ruang ujian, namun dengan ujian berbasis android ini menghemat dan cukup menggunakan 6 ruangan saja,” tambah Sumarwan.

Sumarwan berharap, pelaksanaan PAS hingga selesai Senin mendatang, dapat berjalan dengan baik. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Palang Kampus "Air Merah" Politeknik Negeri Fakfak akhirnya dibuka

Setelah 24 Hari, Akhirnya Palang Kampus “Air Merah” Politeknik Negeri Fakfak Dibuka

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Semua pihak akhirnya bisa bernafas lega. Pasalnya, pemalangan Politeknik Negeri Fakfak atau Polinef ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>