Home / Headline / Dari Muswil DMI Papua Barat, PP DMI Apresiasi Kinerja PD DMI Fakfak

Dari Muswil DMI Papua Barat, PP DMI Apresiasi Kinerja PD DMI Fakfak

Pembukaan Musyawarah Wilayah DMI Papua Barat di Manokwari
Pembukaan Musyawarah Wilayah DMI Papua Barat di Manokwari

Fakfak_ Ketua Bidang Organisasi PP DMI, KH. Husnul Khuluk, menyampaikan apresiasi atas kinerja PD DMI Kabupaten Fakfak, yang telah siap menjalankan salah satu dari sepuluh program unggulan DMI, yakni pemeliharaan dan perbaikan akustik masjid.

Husnul Khuluk menyampaikan hal itu, dalam pembukaan Musyawarah Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Papua Barat, yang dilaksanakan di Balai Diklat Pemrov Papua Barat, Manokwari, pada 4 sampai 5 Mei 2018.

“Berdasarkan kajian DMI, ternyata 80% kegiatan di masjid adalah mendengarkan. Jamaah mendengarkan khotbah, mendengarkan bacaan imam, dan lainnya. Maka salah satu yang menjadi perhatian DMI adalah, bagaimana agar jamaah dapat mendengarkan semua pesan yang disampaikan tersebut, dengan baik. Maka dalam hal ini, sound system masjid harus diperbaiki. Untuk itu, kami mengapresiasi PD DMI Kabupaten Fakfak, yang dua minggu lalu telah menerima mobil pemeliharaan akustik masjid. Dan saya harapkan, kabupaten lain segera melaksanakan salah satu program unggulan ini,” ujar Husnul.

Dalam Muswil yang dihadiri 71 peserta yang terdiri atas Pimpinan Daerah DMI dan para imam serta pengurus masjid dari seluruh kabupaten dan kota di Papua Barat ini, semangat melakukan perubahan atas kondisi umat Islam, khususnya di Papua Barat, mengemuka.

Kondisi umat muslim khususnya di Papua Barat, mendapat porsi bahasan yang mendalam. Untuk itu, masjid diharapkan menjadi tempat untuk pengembangan potensi umat, dari berbagai sisi.

Musa Kamudi, Asisten I Setdaprov Papua Barat, saat membuka Muswil DMI Papua Barat pada Jumat (4/5) mengatakan, “Musyawarah Wilayah DMI Papua Barat, diharapkan membawa perubahan bagi perkembangan keumatan di Papua Barat,”

Husnul Khuluk juga menyampaikan bahwa, organisasi DMI sebenarnya merupakan sebuah organisasi besar yang berpotensi membangun dasar keumatan, khususnya Islam. Sehingga peranan DMI sangat besar.

“Makanya saya heran dengan Papua Barat. Di daerah lain malah ada kepengurusan ganda, tapi disini untuk melaksanakan Muswil saja, seakan-akan tidak ada yang bersedia menjadi pengurus,” ujar Husnul. “PP DMI dibawah pimpinan Bapak Yusuf Kalla, telah merumuskan 10 program unggulan DMI. Dan seluruh program itu tergambar dalam slogan DMI saat ini, memakmurkan dan dimakmurkan masjid,” lanjutnya.

Menurut Husnul, masjid memiliki tugas besar bagi bangsa Indonesia, yakni bagaimana masjidnya makmur, dan juga membawa kemakmuran bagi jamaah serta masyarakat sekitarnya. Untuk itu, lanjut Husnul, pengurus masjid harus segera merubah menejemen kemasjidan, agar mampu membawa masjid menjadi modern dan lebih baik.

Sementara itu, Ketua Panitia, Ir. Bambang Hariyadi, MP. dalam sambutannya mengatakan, “Penyelenggaraan Muswil ini, merupakan tindak lanjut atas mandat dari PP DMI, setelah sebelumnya, PP DMI dua kali mengeluarkan mandat untuk menyelenggarakan Muswil, namun belum berjalan. Bahkan, mandat yang mendasari pelaksanaan Muswil ini, akan berakhir pada 6 Mei besok. Jadi pelaksanaan Muswil DMI ini, dilaksanakan diujung waktu berakhirnya mandat,”

Muswil akan berakhir Sabtu (5/5), setelah memilih Ketua Umum Pengurus Wilayah DMI Papua Barat. Selanjutnya, ketua terpilih akan menyusun kepengurusan PW DMI Papua Barat dalam waktu satu bulan kedepan. (wah)

 

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Pemetaan sound system dan pendataan masjid

Mobil Akustik Masjid, Mendata Sound System Dan Status Masjid

Fakfak_ Salah satu dari 10 program unggulan DMI atau Dewan Masjid Indonesia, adalah pemeliharaan akustik ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>