Home / Headline / Betulkah Ada Pungli Di Kantor Kelurahan Fakfak Selatan?

Betulkah Ada Pungli Di Kantor Kelurahan Fakfak Selatan?

Kwitansi biaya mengurus surat keterangan domisili yang diduga pungli
Kwitansi biaya mengurus surat keterangan domisili yang diduga pungli

Fakfak_ Presiden Jokowi telah menggariskan bahwa tidak ada tempat bagi pungutan liar atau pungli di Indonesia. Pendeknya, Presiden menyatakan perang terhadap pungli. Bahkan, sebagaimana di kutip dari kompas.com, Presiden saat itu (11/10/2016) menyaksikan langsung tangkap tangan dugaan pungli di Kantor Kementerian Perhubungan di Jakarta.

Nampaknya, adanya biaya dalam hal pembuatan surat keterangan domisili kantor pada Kantor Kelurahan Fakfak Selatan, harus menjadi perhatian bersama, utamanya Tim Saber Pungli Kabupaten Fakfak. Pihak kelurahan mengenakan biaya hingga 50.000 untuk setiap pembuatan surat keterangan dimaksud. Dan, pihak kelurahan mengeluarkan kwitansi pembayaran.

Sekretaris Kabupaten Fakfak, H. Nasrun P Elake, menyampaikan bahwa, seharusnya tidak ada lagi SKPD yang melakukan pungutan.

“Saya tidak tahu pasti, tetapi tidak ada lagi SKPD yang melakukan pungutan. Hanya kantor perijinan yang berhak melakukan pungutan tersebut. Nanti cek di kantor perijinan,” jawab Nasrun, saat ditanya tentang kwitansi tersebut.

Kasat reskrim Polres Fakfak, AKP. Misbachul Munir, S.I.K. berjanji akan segera menyelidikan hal tersebut.

“Nanti hal itu bisa disampaikan ke Tim Saber Pungli. Ketuanya Pak Wakapolres. Kami akan lidik dulu,” ujar Munir.

Hal senada juga dikatakan KBO reskrim Polres Fakfak, Ipda. Slamet Eko R, SH., “Kami akan cek regulasinya dulu,”

Sementara itu, sumber pada Bagian Hukum Setda Fakfak menjelaskan bahwa, retribusi diatur dalam Perda nomor 3 Tahun 2011. Namun, untuk kantor kelurahan, karena tidak ada bendahara penerimaan, tentunya tidak boleh ada pungutan. Menurut sumber, surat keterangan domisili seharusnya gratis, sebab tidak diatur dalam Perda tersebut.

Kepala kelurahan Fakfak Selatan, hingga berita ini diupload, belum memberikan jawaban. Beberapa kali janji ketemu untuk konfirmasi, namun belum terealisasi. Bahkan, konfirmasi lewat SMS, belum mendapat jawaban. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Jenazah korban, Sudiana, ketika akan dibawa ke RSUD Fakfak.

Besok, TSK Dan BB Kasus Pembunuhan Sudiana Dilimpahkan Ke Jaksa

Fakfak_ 5 orang tersangka dan barang bukti kasus pembunuhan Sudiana, Rabu besok (30/5) akan dilimpahkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>