Home / Headline / Status Bandara Torea Belum Tegas, Buka Atau Tutup

Status Bandara Torea Belum Tegas, Buka Atau Tutup

Bupati Fakfak dan KepalaBandara Torea saat meninjau situasi landasan
Bupati Fakfak dan KepalaBandara Torea saat meninjau situasi landasan

Fakfak_ Hingga Minggu (21/1) siang ini, belum ada penjelasan yang tegas mengenai status Bandara Torea Fakfak. Kepala Bandara Torea Fakfak, Halek Ginuni yang informasinya berada di Jakarta, dalam komunikasinya melalui telepon seluler, belum menegaskan bahwa Senin besok, akan membuka bandara.

“Saya akan cek pekerjaan di lapangan dulu, apakah sudah siap atau belum. Sebab permintaan maskapai, landasan harus bersih sejauh 10 meter,” kata Halek. “Kalau sudah kita buka, terserah maskapai, apakah mau masuk atau tidak,” lanjutnya.

Sebelumnya, Bupati Fakfak, Drs. Mohammad Uswanas, M.Si. saat melihat langsung kondisi  tebing yang bergeser beberapa hari lalu, meminta agar pihak bandara menunggu kedatangan tim investigasi untuk membuka bandara.

Bupati juga mengaku tidak bisa berbuat banyak, sebab yang terjadi di dalam bandara adalah termasuk dalam otoritas bandara.

“Kami tidak boleh masuk dalam ranah otoritas bandara,” ujar Bupati.

Melihat sikap Pemda yang “melihat dari jauh” apa yang terjadi di bandara, tak pelak menjadi perdebatan. Sebagian menginginkan agar Pemda masuk dan membantu pembersihan tebing longsong. Sedangkan sebagian berpendapat, diera yang serba diatur melalui peraturan negara ini, Pemda tak bisa serta merta masuk dan membantu bandara. Jika ini dilanggar, dana yang dikeluarkan bisa menjadi temuan.

Sementara itu, meski belum ada ketegasan dari pihak bandara, lion air telah membuka penjualan tiket secara on line, untuk terbang dari Sorong ke Fakfak. Ada dua waktu penerbangan yang tersedia secara langsung, yakni pukul 08:30 dan 14:10 WIT. Sedangkan dari Fakfak ke Sorong, tersedia dua jadwal penerbangan, yakni pukul 09:40 dan 12:45 WIT. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Kepala Bandara Torea Fakfak, Halek Ginuni

Setelah Tutup 19 Hari, Bandara Torea Kembali Normal

Fakfak_ Kedatangan pesawat wings air pagi tadi (29/1), menjadi pertanda Bandara Torea Fakfak, Papua Barat, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>