Home / Headline / Setelah Tutup 19 Hari, Bandara Torea Kembali Normal

Setelah Tutup 19 Hari, Bandara Torea Kembali Normal

Kepala Bandara Torea Fakfak, Halek Ginuni
Kepala Bandara Torea Fakfak, Halek Ginuni

Fakfak_ Kedatangan pesawat wings air pagi tadi (29/1), menjadi pertanda Bandara Torea Fakfak, Papua Barat, kembali beroperasi secara normal. Sebelumnya, selama 19 hari sejak 10 Januari lalu, bandara yang berada di atas bukit dengan pemandangan laut ini, ditutup.

Ya, Bandara Torea Fakfak ditutup setelah terjadi pergeseran bukit sepanjang sekitar 200 meter, yang mengakibatkan longsor dan rekahan tanah di beberapa tempat. Akibat musibah ini, seorang pekerja pengurukan landasan, untuk memperpanjang landasan pacu, meninggal dunia tertimbun material longsoran. Selain itu, tiga ekskavator dan satu bulldozer juga mengalami rusak berat. Untungnya, musibah alam ini tak menyentuh landasan pacu.

Kepala Bandara Torea Fakfak, Khalek Ginuni menjelaskan bahwa, kedatangan pesawat wings tersebut, menjadi tanda bahwa Bandara Torea sudah dibuka secara normal.

“Alhamdulillah, Bandara Torea sudah normal kembali. Tadi pesawat penuh. Sedangkan untuk keberangkatan, ada sekitar 20 penumpang. Selanjutnya pasti akan meningkat secara normal,” ujar Khalek.

Khalek juga menjelaskan bahwa, terdapat tim investigasi dari Kementerian Perhubungan, untuk melihat langsung kondisi lokasi musibah.

“Ada tiga orang yang datang. Sore ini mereka langsung bekerja untuk melihat langsung kondisi lokasi musibah. Mudah-mudahan segera ada hasil dari investigasi ini,” kata Khalek ketika menerima wartawan di ruang kerjanya.

Kedatangan pesawat wings tadi pagi, selain menjadi kabar suka, juga membawa kabar duka. Bersama pesawat tersebut, datang pula jenazah H. Abu Bakar Saleh Bauw. Kedatangan Raja Petuanan Rumbati XVIII ini, disambut ratusan masyarakat Fakfak, hingga menyebabkan jalan di sekitar bandara hingga rumah duka di dekat Pasar Torea, macet.

Raja Rumbati XVIII yang juga Asisten Sekda Fakfak ini, meninggal kemarin sore (28/1) di RS Darmais, Jakarta. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Bupati Fakfak dan KepalaBandara Torea saat meninjau situasi landasan

Status Bandara Torea Belum Tegas, Buka Atau Tutup

Fakfak_ Hingga Minggu (21/1) siang ini, belum ada penjelasan yang tegas mengenai status Bandara Torea ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>