Home / Fakfak News / Ekonomi / Ikan Asap Siap-Siap Memasuki Dunia Baru

Ikan Asap Siap-Siap Memasuki Dunia Baru

Saleh Lie, SE. M.Si., Staf Ahli Bupati menyerahkan bantuan alat vakum siler, untuk pengawetan ikan asap cair
Saleh Lie, SE. M.Si., Staf Ahli Bupati menyerahkan bantuan alat vakum siler, untuk pengawetan ikan asap cair

Fakfak_ Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Fakfak, selama dua hari yang berakhir pada Kamis (7/11) lalu, menyelenggarakan Pelatihan Teknologi Pengolahan Ikan Asap Cair. Pelatihan yang diikuti 40 peserta dari Distrik Karas, Arguni, Kokas dan Distrik Fakfak ini, dilaksanakan di Wisma Torea Pasar Dulan Pokpok.

Plt. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Fakfak, Untung Tamsil, S.Sos., M.Si. menyampaikan bahwa, Kegiatan Pengolahan Ikan Asap Cair ini merupakan kegiatan pengolahan dengan teknologi yang baru bagi masyarakat di Kabupaten Fakfak.

“Teknik ini merupakan satu terobosan baru, yang sangat bagus dan penting untuk diketahui oleh seluruh masyarakat, karena Fakfak ini merupakan daerah yang kaya Ikan,” ujar Untung, yang juga nahkoda itu.

Untung juga menjelaskan, bahwa dengan teknik pengolahan baru ini, ikan asap atau ikan asar menjadi lebih beraoma dan menjadi lebih tahan lama.

“Kayu-kayu tertentu yang memiliki aroma khas, dibakar. Nah, hasil pembakaran itu menghasilkan cairan. Selanjutnya, ikan yang sudah dihilangkan tulangnya, direndam dalam cairan hasil pembakaran tersebut dalam beberapa saat. Setelah itu, ikan dioven. Dengan teknik ini, ikan lebih beraoma dan tahan lama. Teknik ini sudah dikembangkan di Ambon” jelas Untung.

Saleh Lie, SE. M.Si., Staf Ahli Bupati yang mewakili Bupati Fakfak membuka pelatihan ini, menyerahkan bantuan alat vakum siler, untuk pengawetan ikan asap cair. Vakum siler merupakan salah satu alat pendukung olahan ikan asap cair.

Pelatihan yang menghadirkan dua narasumber dari Universitas Patimura Ambon, yaitu Ir. Dwight Soukotta, M.P dan Ir. Desire Nendise, M.Si. ini, bertujuan utk menambah pengetahuan dan ketrampilan bagi masyarakat , khususnya nelayan yang tersebar di pesisir dan umumnya masyarakat di Kabupaten Fakfak, serta untuk mendorong dan meningkatkan pendapatan mereka. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara BP dengan PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk untuk alokasi 40 kursi penumpang tetap

BP Tandatangani Perjanjian Kerjasama Dengan Garuda Indonesia

INFOFAKFAK.COM, NUSA DUA_ Perusahaan minyak dan gas, BP, pada Kamis (30/8) lalu, menandatangani perjanjian kerja ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>