Home / Headline / KPU Fakfak Gelar Sosialisasi, Pendaftaran Parpol Mulai Dibuka Hari Ini

KPU Fakfak Gelar Sosialisasi, Pendaftaran Parpol Mulai Dibuka Hari Ini

KPU Fakfak gelar sosialisasi Pemilu 2019
KPU Fakfak gelar sosialisasi Pemilu 2019

Fakfak_ KPU Fakfak menggelar Sosialisasi Tahapan dan Pendaftaran Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Tahun 2019, yang dilangsungkan kemarin (2/10), di ruang rapat Kantor KPU Fakfak. Empat komisioner KPU Fakfak yang didampingi Sekretaris KPU fakfak dan seorang staf, memimpin jalannya sosialisasi ini.

Ketua KPU fakfak, Khaerudin Kutanggas, dalam sambutan pengantarnya mengingatkan bahwa, meski beda partai politik, kita semua merupakan saudara.

“Kita semua yang ada di Fakfak ini adalah saudara. Untuk itu, mari saling menjaga persatuan. Inilah hal penting yang perlu saya sampaikan sebagai sambutan pengantar saya, pada sosialisasi ini,” ujar Khaerudin.

Dalam pantauan media, Sosialisasi Tahapan dan Pendaftaran Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Tahun 2019 ini dihadiri oleh 16 pimpinan parpol yang siap berlaga, baik di Pemilu Legislatif serentak 2019 maupun di Pemilu Presiden 2012. Namun, dari daftar hadir di sekretariat KPU, nama pimpinan Partai Golkar tidak ada alias absen.

16 pimpinan parpol yang  hadir kemarin, antara lain dari Gerindra, PKS, PAN, PBB, Partai Berkarya, Partai Indonesia Kerja atau Pika, Partai rakyat, PKPI, PDI P, Perindo, PPP, Hanura, Nasdem, PNI Marhaenisme, PKB dan Partai Demokrat.

Dengan sosialisasi ini, maka sejak hari ini, Selasa (03/10) pimpinan pusat masing-masing Parpol sudah bisa mendaftarkan partainya di KPU pusat.

“Sesuai PKPU Nomor 11 tahun 2017, pendaftar adalah pimpinan parpol menyampaikan surat pendaftaran beserta syarat-syarat kepada KPU RI,” terang Komisioner KPU fakfak, Hasanudin Rettob.

Pendaftaran parpol untuk ikut Pemilu 2019, bisa dilakukan pada hari libur. KPU membuka masa pendaftaran setiap harinya pada pukul 08.00-16.00 waktu setempat. Khusus pada hari terakhir pendaftaran, berkas dari parpol dapat diterima hingga pukul 24.00 waktu setempat

Parpol harus mengisi sistem informasi yang sudah disediakan KPU untuk mendaftar pemilu. Sistem yang dimaksud bernama Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Setelah berkas pendaftaran diterima, penyelenggara akan melakukan penelitian administrasi dan verifikasi faktual. Pemeriksaan administrasi dilakukan pada 17 Oktober hingga 15 November 2017.

Parpol yang tak memenuhi syarat administrasi diberi kesempatan untuk merevisi pada 18 November hingga 1 Desember. Hasil revisi administrasi diumumkan pada 12 – 15 Desember 2017.
Verifikasi ke lapangan atau verifikasi faktual, dilakukan pada 15 Desember 2017 hingga 4 Januari 2018. Jika revisi harus dilakukan parpol, maka verifikasi kembali dilakukan pada 21 Januari hingga 3 Februari 2018.

Parpol peserta Pemilu 2019 akan ditetapkan pada 17 Februari 2018. Pengumumannya dilakukan 20 Februari 2018, setelah dilakukan pengundian nomor urut oleh KPU. (wah/cnn indonesia)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Sekretaris Kabupaten Fakfak, H. Nasrun P Elake

Polemik Di DPRD Tak Pengaruhi Roda Pemerintahan

Fakfak_ Adanya dua keputusan yang berbeda terkait pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Fakfak di DPRD ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>