Home / Headline / DPC AWI Kembali Gelar Pelatihan Jurnalistik

DPC AWI Kembali Gelar Pelatihan Jurnalistik

Sekretaris DPC AWI Kabupaten Fakfak, Frans Tamaela.
Sekretaris DPC AWI Kabupaten Fakfak, Frans Tamaela.

Fakfak_ DPC Aliansi Wartawan Indonesia (AWI) Kabupaten Fakfak, pada November depan, akan menggelar pelatihan jurnalistik. Jika biasanya menyasar siswa SMA, pelatihan jurnalistik kali ini membidik mahasiswa dan pegawai. Demikian disampaikan oleh Sekretaris DPC AWI Kabupaten Fakfak, Frans Tamaela.

“Rencananya akhir November nanti, kami kembali menggelar pelatihan jurnalistik. Untuk kali kedua, sasarannya mahasiswa dan ada juga pegawai yang tergabung dalam komunitas Fakfak Mengajar, serta mahasiswa dari organisasi atau kampus lainnya,” ujar Frans.

Farns yang juga wartawan TVRI Papua ini melanjutkan, pelatihan jurnalistik dengan peserta setingkat SMA dimaksudkan untuk mengenalkan dunia jurnalistik, sekaligus membuka wawasan perjunalistikan bagi yang berminat.

“Untuk adik-adik setingkat SMA, kami mengenalkan dunia jurnalistik sebagai potensi berkarir dimasa yang akan datang. Sehingga bagi yang berminat menjadi wartawan, mereka tahu harus kuliah dimana,” kata Frans. “Sedangkan untuk setingkat mahasiswa dan pegawai, kami menekankan pemahaman dunia jurnalistik sebagai ladang untuk berkarier. Sebab masih banyak yang belum paham mengenai jurnalistik,” lanjutnya.

Bagi DPC AWI Kabupaten Fakfak, menggelar pelatihan jurnalistik bukan hal yang baru. Pelatihan jurnalistik telah dilaksanakan hampir setiap tahun, dengan peserta perwakilan dari SMA-SMA di Fakfak. Bahkan tahun 2016 lalu, DPC AWI menggelar pelatihan jurnalistik dengan peserta dari organisasi mahasiswa, KAMMI Komisariat Fakfak.

Selain menyelenggarakan pelatihan jurnalistik, DPC AWI Kabupaten Fakfak juga membuka kesempatan praktek wartawan. Diharapkan, dengan praktek lapangan, peminat karir wartawan memiliki bekal pengetahuan dan pengalaman yang cukup, jika ingin menjadi wartawan di luar daerah.

“Mari bergabung bersama kami. Untuk menjadi wartawan media cetak atau online, bisa bergabung di infofakfak.com. Kalau ingin meniti karir sebagai wartawan TV, bisa bersama saya. Ilmu dan pengalaman di Fakfak, bisa menjadi modal kerja sebagai wartawan yang sebenarnya,” ujar Frans.

Komunitas Fakfak Mengajar sendiri sudah menyatakan kesiapannya untuk mengikuti pelatihan jurnalistik yang direncanakan dihelat di Winder Data ini. Selain karena memiliki fasilitas lengkap, dipilihnya Winder data adalah untuk lebih memaksimalkan peran Winder Data sebagai wadah informasi Fakfak. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Media Gathering dan Uji Kompetensi Wartawan juga didukung BP

Infofakfak.com Diundang IPA Convention & Exhibition Ke-41 Tahun 2017

Fakfak_ Indonesian Petroleum Association (IPA) yang merupakan gabungan perusahaan minyak dan gas di Indonesia, mengundang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>