Home / Headline / Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw, Kunjungi Petrotekno

Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw, Kunjungi Petrotekno

Kunjunganh Bupati Teluk Bintuni, Papua Barat, Petrus Kasihiw ke fasilitas Petrotekno di Ciloto
Kunjunganh Bupati Teluk Bintuni, Papua Barat, Petrus Kasihiw ke fasilitas Petrotekno di Ciloto

Ciloto_ Bupati Teluk Bintuni, Papua Barat, Petrus Kasihiw, mengunjungi fasilitas Petrotekno di Ciloto, Jawa Barat, Kamis 19 Oktober lalu.  Saat ini, sekitar 75 pemagang teknisi Tangguh, tengah menempuh program intensif untuk menjadi tenaga teknisi profesional.

Bupati yang didampingi oleh Kepala Bappeda Teluk Bintuni, Dr. Alimudin dan staf khusus Kurnia Danuaji ini,  tiba sekitar pukul 10:30 pagi dan langsung disambut para peserta magang. Petrus kemudian berkeliling fasilitas Petrotekno dan mendapat penjelasan langsung dari para pemagang.

“Program ini adalah tempat dimana manusia-manusia berkualitas sedang diciptakan. Program ini akan menghasilkan Papua Rising Star.” Ucap Bupati dalam sambutannya di depan para peserta magang. “Program ini juga menawarkan pendidikan yang berbeda, pendidikan yang praktikal dan menyiapkan anak-anak semua untuk langsung siap untuk diserap pasar tenaga kerja. Saya berterima kasih pada BP, yang mempunyai mimpi yang sama dengan kami, untuk mendapatkan tenaga kerja Papua yang berkualitas,” tambahnya.

Para peserta program pemagangan teknisi Tangguh, mengikuti program pendidikan selama tiga tahun dengan pelatihan teknis yang  komprehensif, termasuk peningkatan kemampuan berbahasa Inggris, matematika, dan ilmu sains. Sehingga nantinya, mereka dapat mengikuti sertifikasi internasional serta uji kompetensi sebelum bekerja secara profesional di Tangguh LNG. Pada program ini, setiap akhir tahun akan ada evaluasi untuk menentukan keberhasilan setiap siswa dalam melanjutkan program pendidikan.

Program Technician Apprentice merupakan wujud dari komitmen Tangguh untuk mengembangkan tenaga kerja lokal di Papua Barat, menuju komitmen 85% tenaga kerja Papua di Tangguh LNG pada tahun 2029.

BP merupakan salah satu kontraktor kontrak kerja sama (Kontraktor KKS) yang dalam melaksanakan operasinya berada dalam pengawasan dan pengendalian SKK Migas, sebagai wakil pemerintah.

Petrotekno sendiri merupakan kawah pendidikan bagi calon tenaga kerja profesional yang akan diserap BP. Pantauan media ini beberapa waktu lalu, para pemagang teknisi yang tergabung dalam Program Technician Apprentice, mengaku senang. Dengan lingkungan asri dan adem, serta fasilitas yang lengkap, pendidikan selama tiga tahun bukanlah waktu yang terlalu lama.

Program Technician Apprentice bukan hanya diikuti oleh pemagang dari Kabupaten Teluk Bintuni saja. Disini, juga dididik pemagang dari daerah sekitar Bintuni,  seperti Fakfak, Sorong, Manokwari dan daerah lainnya. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Mervin Komber Kunjungi Tangguh LNG

Mervin Komber Kunjungi Tangguh LNG

Bintuni_ Ketua Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Mervin Komber, melihat langsung ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>