Home / Headline / Bandara Siboru Bakal Dilanjutkan, Pemerintah Siapkan Dana 700 Milyar

Bandara Siboru Bakal Dilanjutkan, Pemerintah Siapkan Dana 700 Milyar

Pembahasan serius Bandara Siboru di Kantor Kementerian Perhubungan
Pembahasan serius Bandara Siboru di Kantor Kementerian Perhubungan

Fakfak_ Pembangunan Bandara Siboru, di Kampung Siboru, yang sempat mandek beberapa waktu ini, akan segera dikerjakan kembali. Hal ini terjadi, setelah Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menyetujui realokasi anggaran sebesar 700 Milyar. Demikian dijelaskan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Fakfak, Samaun Dahlan, S.Sos. M.A.P.

“Persetujuan itu disampaikan saat rapat di Kantor Kementerian Perhubungan pada 9 Oktober lalu. Rapat dipimpin langsung oleh Bapak Menteri, dihadiri pejabat kementerian perhubungan, Gubernur Papua Barat, Bupati Manokwari, Bupati Sorong dan Bupati Fakfak,” jelas Samaun.

Samaun menjelaskan bahwa, rapat tersebut membahas beberapa hal, antara lain perpanjangan Bandara Manokwari serta pelabuhan di Pegaf. Untuk dua rencana ini, Menteri sudah setuju. Sedangkan masalah pembangunan Bandara Siboru, Menteri akhirnya setuju untuk realokasi Bandara Siboru, setelah mendapat penjelasan dari Gubernur Papua Barat dan Bupati Fakfak.

“Nantinya, untuk run way atau landasan pacunya direncanakan sepanjang 2.100 meter dan lebar 150 meter. Dan untuk tahap pertama, Pak Menteri menyetujui panjang landasannya 1.500 meter dengan lebar 150 meter,” tambah Samaun.

Dana sebesar 700 milyar tersebut, nantinya “keroyokan” antara dana APBN, dana APBD provinsi dan APBD Kabupaten Fakfak dan akan dimulai pada tahun anggaran 2018.

Pembangunan Bandara Siboru merupakan proyeksi masa depan. Dengan adanya bandara baru ini, diharapkan dapat mengkantrol perekonomian Fakfak yang kini masih lesu.

Sementara itu, pembangunan perkantoran di Bandara Torea, bandara Fakfak saat ini, juga tengah dilaksanakan. Bahkan rencananya, panjang run way akan ditambah 250 meter. Namun, dengan disetujuinya pembangunan Bandara Siboru, belum diketahui peruntukan Bandara Torea tersebut. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Mervin Komber Kunjungi Tangguh LNG

Mervin Komber Kunjungi Tangguh LNG

Bintuni_ Ketua Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Mervin Komber, melihat langsung ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>