Home / Headline / 214 Wanita Ikuti IVA Test dan SADANIS Kanker Payudara

214 Wanita Ikuti IVA Test dan SADANIS Kanker Payudara

Foto bersama sebelum kegiatan
Foto bersama sebelum kegiatan

Fakfak_ Dalam rangka memperingati Hari Kanker International, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Fakfak kerja bareng  dengan OASE (Organisasi Aksi Solidaritas Era) Kabinet Kerja, Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak dan RSUD Fakfak, menyelenggarakan IVA Test Kanker Serviks dan SADANIS kanker payudara.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari dan berakhir siang tadi (11/10) ini, dilaksanakan di RSUD Fakfak ini, dan diikuti oleh 214 wanita.

Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Fakfak, Emma Huwae mengatakan, “Tujuan penyelenggaraan IVA Test Kanker Serviks dan SADANIS kanker payudara adalah, untuk menekan tingginya prevalensi kanker payudara. Juga memberikan pembelajaran bahwa, wanita memang harus mengerti dan peduli kesehatan dirinya, dan melakukan pemeriksaan dengan baik. Jangan sampai terlambat dan menyesal,”

Menurut Emma, pemeriksaan IVA atau Inspeksi Visual dengan Asam Asetat dan Sadanis  atau PemerikSAan payuDAra KliNIS yang dilakukan secara berkala, dapat meningkatkan harapan hidup penderita.

Selain melakukan SADANIS, kaum hawa perlu mengerti tentang SADARI atau perikSA payuDara sendiRI.

Dikutip dari beritasatu, Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (Peraboi), Dr Bob Andinata SpB(K) Onk menambahkan, SADARI bisa dilakukan setelah mandi di depan kaca. Kalangan wanita, lanjut dia, bisa memperhatikan bentuk payudara untuk melihat perubahan kulit dan puting sekitar payudara.

“Setelah itu, diraba memutar hingga puting payudara, lalu pencet putingnya apakah keluar darah atau tidak. Apabila sampai keluar darah lebih ke kanker payudara. Ditambah pula meraba di sekitar ketiak hingga tulang selangka pada leher. Jika menemukan benjolan segera periksakan ke dokter,” tambahnya.

Selain diikuti oleh ibu-ibu organisasi wanita yang ada di Fakfak dan masyarakat umum, pemeriksaan IVA Test Kanker Serviks dan SADANIS kanker payudara ini juga diikuti oleh belasan pekerja industri hiburan. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Suasana saat Khitanan Massal 2000 Anak Papua di Fakfak

Tim Medis Khitanan Massal Fakfak Temukan Kasus hipospadia

Fakfak_ Tim medis RS Nur Hidayah, Bantul, yang melakukan khitanan massal di Masjid Al Munawwarah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>