Home / Headline / Kejari Fakfak Perkuat Pengamanan Dana Desa, Kritik Perilaku Kepala Kampung

Kejari Fakfak Perkuat Pengamanan Dana Desa, Kritik Perilaku Kepala Kampung

Sosialisai TP4D oleh Kejaksaan Negeri Fakfak
Sosialisai TP4D oleh Kejaksaan Negeri Fakfak

Fakfak _ Kepala Kejaksaan Negeri Fakfak, Rilke Jeffri Huwae, SH. MH., mengkritik perilaku sebagian Kepala Kampung yang masih belum berubah. Rilke mengatakan bahwa ada informasi, adanya beberapa Kepala Kampung yang masih mampir ke lokasi-lokasi tertentu, sembari membawa uang dana desa yang baru cair dari bank.

“Saya berharap mereka bisa merubah perilaku yang tidak seharusnya dilakukan, apalagi jika sampai menggunakan dana milik masyarakat,” ujar Jeffry.

Kajari menyinggung masalah tersebut, ketika menghadiri diskusi di halaman Mapolres Fakfak pada Kamis siang (24/8), di depan Forkopimda dan tokoh-tokoh Fakfak.

Beberapa jam sebelumnya, Rilke mengingatkan kepada para pendamping kampung, untuk bekerja dengan baik, dan bermitra dengan kepala kampung.

Pendamping jangan bekerja asal-asalan yang nantinya membingungkan kepala kampung bersama stafnya dalam pengelolaan keuangan dana kampung,” harap Kajari.

Harapan Kajari asal Ambon ini disampaikan ketika menjadi pembicara pada Sosialisasi Tim Pengawalan dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kabupaten Fakfak, yang dilaksanakan di Gedung Windter Tuare.

“Saya juga mengharapkan kepada para kepala kampung bersama perangkatnya yang telah dipercayakan oleh pemerintah pusat sebagai garda terdepan untuk mengelolah dana kampung dengan baik, sehingga terwujud pembangunan nasional, demi terciptanya masyarakat adil dan makmur,” ujar Kajari.

400 orang yang terdiri dari Kepala Distrik, Kepala Kampung, Bendahara Kampung dan Pendamping mengikuti sosialisasi yang dihadiri oleh Wakil Bupati Fakfak, Ir. Abraham Sopaheluwakan, Sekretaris Daerah, Nasrun P Elake, serta beberapa staf ini.

Sementara itu, Wakil Bupati Fakfak, Ir. Abaraham Sopaheluwakan, M.Si., menyampaikan terima kasih kepada Kejakasaan Negeri Fakfak yang telah melaksanakan sosialisasi tersebut.

“Kegiatan ini sangat penting, bagaimana kita mengawal isi tomang (dana kampung) yang ada di kampung, kita manfaatkan dengan baik, kemudian kita mempertanggunjawabkan dengan baik,” ujar Abraham.

Wakil Bupati melanjutkan, kerjasama pemerintah daerah dengan kejaksaan adalah membina dan mengawal pelaksanaan dana kampung, sehingga peruntuhkannya tepat sasaran. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Emma Huwae, Ketua Adhyaksa Dharmakarini Daerah Fakfak menyerahkan tali asih kepada Purnaja

Kajari : Wartawan Harus Bantu Penegakan Hukum

Fakfak_ Kepala Kejaksaan Negeri Fakfak, Rilke Jefry Huwae, SH. MH., dalam sambutannya saat syukuran peringatan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>