Home / Headline / Kapolres Tegaskan Akan Bubarkan Kegiatan KNPB Jika Tetap Digelar

Kapolres Tegaskan Akan Bubarkan Kegiatan KNPB Jika Tetap Digelar

Kapolres tegaskan akan bubarkan kegiatan Rapim Ke 7 KNPB se Tanah Papua
Kapolres tegaskan akan bubarkan kegiatan Rapim Ke 7 KNPB se Tanah Papua

Fakfak_ Kapolres Fakfak, AKBP. Gazali Ahmad, SH. MH. menegaskan, pihaknya bersama TNI akan tetap membubarkan Rapat Pimpinan ke 7 KNPB se Tanah Papua, jika KNPB tetap menggelarnya. Penegasan ini disampaikan oleh Kapolres, saat bertemu tokoh-tokoh KNPB di Kampung Kanatare, siang tadi (26/8).

“Saya mendapat amanat dari masyarakat Fakfak yang tidak menginginkan keamanan Fakfak terganggu, agar kegiatan ini dihentikan. Untuk itu, saya akan tetap membubarkan kegiatan ini jika tetap dilaksanakan,” tegas Kapolres.

Kapolres yang didampingi Kasdim 1706/Fakfak, Mayor Inf. Soekimo Margo dan Staf Khusus Bupati Bidang Polhukam, Rudolf Michael, juga menyinggung sejarah perjuangan kemerdekaan.

“Bukti perebutan Irian Barat dapat kita saksikan saat ini di Rumbati, berupa tugu. Jadi sebenarnya, Papua sudah merdeka,” ujar Kapolres.

Menanggapi hal ini, Ketua KNPB Fakfak,  Nataniel Kaninggai menyampaikan bahwa, sejarah pemerintahan di Papua ada bahkan sebelum kemerdekaan Republik Indonesia.

“Untuk itulah kami berkumpul untuk mengetahui sejarah. Sejarah pemerintahan Papua sudah ada sejak jaman purbakala,” katanya. “Kegiatan akan kami laksanakan pada 10 – 13 September mendatang,” lanjutnya.

Sementara itu, Staf Khusus Bupati Bidang Polhukam, Rudolf Michael mewakili Pemerintah Kabupaten Fakfak menyampaikan, masalah kebebasan berpendapat tetap harus dalam koridor hukum yang telah ditentukan.

“Berbicara masalah kebebasan berpendapat, tentu itu hak semua orang. Namun, kebebasan yang dimaksud bukan sebebas-bebasnya. Ada koridor yang harus dipatuhi. Dan itu menjadi kewenangan pihak keamanan,” katanya.

Meski tidak menemukan titik temu, pertemuan ini berlangsung dengan aman dan baik. Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar dua jam tersebut, dari pihak KNPB, hadir pula Agus Kudai, tokoh KNPB Manokwari. Masyarakat juga turut menyaksikan pertemuan ini dengan tertib. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Kepala Kejaksaan enegeri Fakfak, Rilke Jeffry Huwae, SH. MH.

Skandal “Koperasi” DPRD Fakfak 3 Milyar Lebih Dibidik Kejaksaan

Fakfak_ Boleh percaya boleh tidak. Ternyata, baik mantan anggota maupun anggota DPRD Kabupaten Fakfak yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>