Home / Headline / Ikasuwara Fakfak Kukuhkan KRT Mohammad Uswanas Dipuro Sebagai Sesepuh Warga Jawa

Ikasuwara Fakfak Kukuhkan KRT Mohammad Uswanas Dipuro Sebagai Sesepuh Warga Jawa

KRT Drs. Mohammad Uswanas Dipuro, M.Si. memberikan sambutan usai pengukuhan
KRT Drs. Mohammad Uswanas Dipuro, M.Si. memberikan sambutan usai pengukuhan

Fakfak_ Ikasuwara atau Ikatan Keluarga Sunda Jawa dan Madura di Kabupaten Fakfak, mengukuhkan Bupati Fakfak, Drs. Mohammad Uswanas, M.Si., sebagai sesepuh dan pengayom masyarakat Sunda Jawa dan Madura di Kabupaten Fakfak.

Pengukuhan ini dilakukan oleh Ketua Ikasuwara Kabupaten Fakfak, Hanung Sapto Raharjo yang didampingi para ketua paguyuban masyarakat Sunda Jawa dan Madura di Kabupaten Fakfak, berbarengan dengan perhelatan Pagelaran Budaya dan Kuliner Khas Jawa yang diadakan Lapangan Basket Fakfak pada 20 hingga 21 Agustus 2017.

Tahun 2010 lalu, Bupati Fakfak, Drs. Mohammad Uswanas, M.Si., mendapat gelar kehormatan dari Keraton Surakarta Hadiningrat, Solo, dengan sebutan Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Drs. Mohammad Uswanas Dipuro, M.Si.

Dalam sambutannya, KRT Drs. Mohammad Uswanas Dipuro, M.Si. menyampaikan harapannya, agar masyarakat Sunda Jawa dan Madura yang ada di Kabupaten Fakfak, dapat memberikan cotoh dan menurunkan ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat Fakfak.

“Silakan datang hingga ke kampung, berbaur dengan masyarakat yang ada, berikan contoh dan ilmu yang baik, yang bermanfaat bagi masyarakat Fakfak. Masyarakat Sunda Jawa dan Madura yang ada di Fakfak adalah warga Fakfak juga,” ujar KRT Drs. Mohammad Uswanas Dipuro, M.Si.

Ketua Ikasuwara Kabupaten Fakfak Hanung Sapto Raharjo menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Bupati Fakfak, KRT Drs. Mohammad Uswanas Dipuro, M.Si. yang selama ini telah memberikan kebijakan dan ruang, bagi masyarakat Sunda Jawa dan Madura di Kabupaten Fakfak.

“Kami sangat berterima kasih, bahwa Beliau telah memberikan kesempatan bagi kita untuk bersama-sama membangun Kabupaten Fakfak, bersama masyarakat lainnya,” ucap Hanung.

Dalam kesempatan tersebut, kepada KRT Drs. Mohammad Uswanas Dipuro, M.Si. dikenakan pakaian adat Jawa dan keris, sebagai lambang bahwa beliau dipercaya sebagai sesepuh warga Sunda Jawa dan Madura. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Awas, lengah bisa basah!

Mandi Shafar Terseret Perkembangan

Fakfak_ Budaya mandi shafar yang diperingati setiap tahun oleh masyarakat Fakfak, kini sedikit mengalami perubahan. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>