Home / Fakfak News / Ekonomi / Si “Hijau” Pertalite Segera Dipasarkan di Fakfak

Si “Hijau” Pertalite Segera Dipasarkan di Fakfak

Pertamina memperkenalkan pertalite di Fakfak
Pertamina memperkenalkan pertalite di Fakfak

Fakfak_ Beberapa hari lagi, Pertamina segera memasarkan si hijau pertalite untuk memenuhi konsumsi kendaraan bermotor di Fakfak. Kepastian ini disampaikan Candra Dion Sidabariba, Sales Eksekutif Retail Pertamina Provinsi Papua Barat, siang (17/7) tadi.

Dion, yang didampingi Theo, Wakil Kepala Depot Terminal BBM Fakfak, menyampaikan bahwa, pihaknya segera membuka kran pertalite untuk SPBU pada Rabu (19/7) besok.

“Untuk seremonial penjualannya akan dilakukan sehari berikutnya,” ujar Dion.

Lebih jauh Dion menjelaskan, pertalite merupakan salah satu varian gasolin atau bensin dengan oktan 90, sehingga lebih baik dari premium.

“Dengan oktan 90 maka pertalite lebih unggul daripada premium yang beroktan 88. Keunggulan lainnya antara lain, dengan pertalite maka pembakaran mesin lebih sempurna yang berdampak pada tarikan mesin lebih ringan. Selain itu, jika dibandingkan premium, maka 1 liter pertalite menempuh jarak lebih jauh,” kata Dion.

Dikatakan, pertalite bukan untuk menggantikan premium, namun sebagai pilihan bagi konsumen. Hal ini disebabkan, kendaraan yang diproduksi di atas tahun 2000, memiliki kompresi rasio 9:1 yang dirancang sesuai dengan bahan bakar minya yang beroktan 90.

“Tentu ini merupakan pilihan bagi masyarakat. Tetapi, kendaraan bermotor yang saat ini banyak dipakai masyarakat, memang dirancang sesuai dengan BBM beroktan 90. Dan agar masyarakat mengetahui, bahwa pertalite ini berwarna hijau, sehingga berbeda dengan premium,” lanjut Dion.

Sebagai “pendatang baru”, si hijau pertalite masih menyisakan Kaimana, sebagai daerah yang belum menyediakan BBM jenis ini. Hal ini disebabkan, Kaimana belum memiliki fasilitas yang diperlukan untuk melayani penjualan pertalite. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Mervin Komber Kunjungi Tangguh LNG

Mervin Komber Kunjungi Tangguh LNG

Bintuni_ Ketua Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Mervin Komber, melihat langsung ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>