Home / Headline / Pondok Baca Brongkendik Wakili Papua Barat ke Penilaian Tingkat Nasional

Pondok Baca Brongkendik Wakili Papua Barat ke Penilaian Tingkat Nasional

Ummy Uswanas, SE. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Fakfak
Ummy Uswanas, SE. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Fakfak

Fakfak_ Pondok Baca Brongkendik di Kampung Brongkendik, berhasil masuk lima besar yang akan dilombakan di tingkat nasional. Pondok Baca Brongkendik merupakan satu dan tujuh pondok baca atau rumah baca yang ada di Kabupaten Fakfak.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Fakfak, Ummy Uswanas, SE. menyampaikan bahwa, tim penilai dari Jakarta akan hadir di Fakfak pada 1 Agustus mendatang.

“Alhamdulillah, Pondok Baca Brongkendik akan mewakili Papua Barat untuk diperlombakan dalam penilaian tingkat nasional. Informasinya, tim penilai dari jakarta akan hadir pada 1 Agustus mendatang,” jelas Ummy.

Ummy menambahkan, pondok baca atau rumah baca merupakan rumah yang difungsikan sebagai tempat untuk membaca layaknya perpustakaan, yang difasilitasi dan dimiliki oleh masyarakat.

“Kami dari pemerintah daerah hanya mensupport. Masyarakat sendiri yang membentuk pondok baca serta kelengkapan lainnya. Jika ada yang kurang, kami melengkapi. Dan dari pantauan kami, minat baca masyarakat kita ternyata cukup tinggi. Ini merupakan perkembangan yang menggembirakan, tentunya,” lanjutnya.

Disinggung mengenai perpustakaan Kabupaten Fakfak, Ummy menyampaikan bahwa, pihaknya terus berupaya meningkatkan minat baca masyarakat.

“Saat ini baru 20 hingga 30 orang yang mengunjungi perpustakaan. Kedepan, kami ingin agar perpustakaan menjadi tempat yang nyaman untuk menjadi tempat belajar. Untuk itu, ke depan kami akan melengkapi perpustakaan dengan internet dan fasilitas penunjang lainnya,” kata Ummy.

Saat ini, Dinas Kersipan dan Perpustakaan Kabupaten Fakfak membina tujuh pondok baca atau rumah baca. Selain Pondok Baca Brongkendik, ada pula Rumah Baca Efata, Rumah Baca Victori, Rumah Baca Kompos Tifa Pikpik,Rumah Baca Kompos Tifa Siboru, Rumah Baca Tifa Arguni dan Rumah Baca Kompos Tifa Pulau Panjang. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Puluhan anak MI Asy Syafi’iyah Fakfak menggelar aksi peduli Rohingya

Tak Mau Ketinggalan, Murid SD Gelar Aksi Peduli Rohingya

Fakfak_ Tak mau ketinggalan dari seniornya, baik tingkat SMA ataupun mahasiswa, kali ini giliran murid ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>