Home / Headline / 76 Calan Haji Akan Berangkat 4 Agustus

76 Calan Haji Akan Berangkat 4 Agustus

Ka’bah, kiblat umat muslim
Ka’bah, kiblat umat muslim

Fakfak_ Sebanyak 76 calon haji dari Fakfak, direncanakan berangkat pada 4 Agustus mendatang menuju Makassar. Demikian disampaikan petugas bagian haji pada Kantor Kementerian Agama Fakfak, Yahya Bin Taher.

“Awalnya ada 79 orang, namun karena 3 orang belum siap persyaratannya, akhirnya yang berangkat tinggal 76 orang. Mereka nantinya masuk kelompok terbang atau kloter 16 secara utuh, dan berangkat via Jeddah pada 9 Agustus,” jelas Yahya.

Lebih jauh Yahya menjelaskan, di Madinah, calon haji dari Fakfak akan menempati sektor 4 dalam hotel. Yahya juga terus memantau perkembangan kesehatan jamaah, agar mereka tetap siap berangkat haji.

“Untuk di Mekah, jamaah akan menempati pondokan yang tidak terlalu jauh dari Masjidil Haram. Saya sendiri akan menjadi petugas bagian perumahan di Madinah. Dan ada satu petugas kesehatan dari RSUD Fakfak yang bertugas sebagai petugas kesehatan, yang akan mendampingi jamaah sejak berangkat sampai pulang nanti,” jelas Yahya.

Menyinggung rentang waktu untuk bisa melaksanakan haji, Yahya menyebut bahwa untuk Papua Barat, antrian berhaji mencapai 12 tahun. Dan saat ini, jumlah antrian calon haji mencapai sekitar 1.300 orang.

“Tidak seperti tahun tahun sebelumnya, sejak tahun ini calon jamaah haji tidak bisa berasal dari luar daerah Papua Barat. Hal tersebut telah diatur sistem, sehingga apabila berasal dari luar Papua Barat, akan tertolak sistem. Jadi kalau mendaftar dari Fakfak, maka orang tersebut harus mencabut KTP daerah asal dan pindah ke Fakfak. Bukan sekadar dengan surat keterangan domisili,” ujar Yahya.

Tahun ini, pemerintah menetapkan biaya haji berkisar di angka 39 juta untuk Papua Barat. Memang, biaya naik haji dari daerah timur Indonesia, lebih tinggi dari daerah lain. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Bachtiar, kepala Dinas Sosial Kabupaten Fakfak, menyerahkan Al Qur’an akbar kepada Imam Masjid Baitul Makmur

Masjid Agung Baitul Makmur Terima Al Qur’an Akbar

Fakfak_ Kepala Dinas Sosial Kabupaten Fakfak, H. Bachtiar, S.Pd.I. M.Pd., pada Rabu (8/11) lalu, menyerahkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>