Home / Fakfak News / Pendidikan / LOMBA PENULISAN KARYA ILMIAH FAKFAK MENGAJAR

LOMBA PENULISAN KARYA ILMIAH FAKFAK MENGAJAR

Lomba Karya Ilmiah yang digelar Fakfak Mengajar
Lomba Karya Ilmiah yang digelar Fakfak Mengajar

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini begitu pesat, sama halnya dengan arus informasi pada era multi-media dewasa ini, sehingga segala informasi dapat diperoleh dengan mudah. Pada hakekatnya, dengan berbagai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi juga arus informasi, tentunya dapat memberi dampak positif bila kita gunakan dengan sebaik-baiknya. Namun tidak dapat dipungkiri, berbagai permasalahan yang kita hadapi pada saat ini, diantaranya permasalahan lingkungan, ketahanan pangan, serta sosial budaya masyarakat yang berkembang, erat kaitannya dengan perkembangan dimaksud. Permasalahan tersebut merupakan isu global yang sedang dihadapi oleh berbagai negara di belahan dunia, termasuk Indonesia, khususnya kita yang berada di Kabupaten Fakfak.

Melatarbelakangi permasalahan tersebut, maka Komunitas Fakfak Mengajar yang diketuai oleh Imanuel David Yanter Hindom, ST. beserta para penggerak Fakfak Mengajar yang terdiri dari para pemuda pemudi asal Kabupaten Fakfak, berinisiatif mengadakan perlombaan penulisan karya ilmiah berupa studi literatur dalam menyusun sebuah gagasan dengan kerangka metode ilmiah yang dapat digunakan menjadi solusi pemecahan masalah. Topik yang diangkat diantaranya mengenai Permasalahan Lingkungan, Ketahanan Pangan dan Sosial Budaya dengan tema kegiatannya yaitu “Menciptakan Inovasi Kreatif, Kontribusi Bagi Fakfak”.

Adapun tujuan dari kegiatan Lomba Penulisan Karya Ilmiah ini diantaranya:

Menumbuhkan kecintaan menulis di kalangan pelajar dalam hal penulisan sebuah karya ilmiah dengan metode penelitian serta studi literatur sebagai bekal melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

Memberikan solusi terhadap permasalahan lingkungan, ketahanan pangan serta sosial budaya yang saat ini dihadapi khususnya di Kabupaten Fakfak sebagai bentuk kepedulian pelajar terhadap masalah sekitar.

Memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta arus informasi multimedia lewat inovasi kreatif yang memberikan dampak positif.

Sasaran dari kegiatan Lomba Penulisan Karya Ilmiah ini ditujukan bagi siswa/siswi SMA/SMK/MA/sederajat untuk kelas X dan XI di Kabupaten Fakfak. Waktu pelaksanaan kegiatan dimulai dari tanggal 08 April 2017 hingga tanggal 13 Mei 2017 yang dibagi menjadi beberapa tahapan kegiatan, diantaranya pendaftaran dan pengambilan formulir peserta, technical meeting, observasi dan penyusunan karya ilmiah hingga presentasi hasil 5 karya ilmiah terbaik yang terpilih yang diselenggarakan pada Gedung Diklat Pemda Fakfak.

Untuk dewan juri, Fakfak Mengajar bekerjasama dengan beberapa pihak dengan latar belakang yang berbeda secara sukarela diantaranya Abas Bahamba (Budayawan), Ahmad Rumakat (Pegawai Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Fakfak) dan Ariyanto Hartono, ST., M.Sc. (Dosen Politeknik Negeri Fakfak).

Pada kesempatannya, para dewan juri banyak memberikan masukan bagi setiap tim terbaik yang mempresentasikan hasil karya ilmiah yang telah mereka susun. Selanjutnya, yang keluar sebagai pemenang adalah kelompok White Lights dari SMA Negeri 1 Fakfak dengan ketuanya Amasa M. Kambu dan anggotanya yaitu Gideon K. Ponglitin, Primidya C.F. Daeng Husein dan Qamar. (*)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

BRI Cabang Fakfak menggelar kegiatan sosial bertajuk “BRI Mencerdaskan Anak Bangsa” di SD YPPK St. Agustinus, Fakfak

Serangkai HUT BRI Ke 122, BRI Cabang Fakfak Gelar BRI Mencerdaskan Anak Bangsa

Fakfak_ BRI Cabang Fakfak, dalam rangkaian HUT BRI ke 122 tahun 2017, menggelar kegiatan sosial ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>