Home / Headline / Mantan Kepala Bappeda Benarkan Penghentian Pembangunan Bandara Siboru

Mantan Kepala Bappeda Benarkan Penghentian Pembangunan Bandara Siboru

Sania Sirfefa, Plh. Kepala Bandara Torea Fakfak
Sania Sirfefa, Plh. Kepala Bandara Torea Fakfak

Fakfak_ Mantan Kepala Bappeda Kabupaten Fakfak, Latif Suaeri, membenarkan penghentian proyek  pembuatan Bandara Siboru. Pernyataan ini disampaikan Latif kepada wartawan, di Bandara Torea Selasa (18/4) siang.

“Iya benar,” ujar Latif singkat. “Nanti bisa membangun di Bomberay. Disana lebih luas,” lanjut pria yang saat ini menjabat Kepala Dinas Pertanian ini.

Saat pembangunan proyek bandara di tengah hutan Kampung Siboru beberapa tahun lalu itu, Latif Suaeri menjabat sebagai Kepala Bappeda. Latif sempat menyatakan optimis kelangsungan mega proyek yang telah menelan miliaran rupiah tersebut. Bahkan Latif menyampaikan bahwa, pemerintah daerah memiliki visi jauh hingga 25 tahun kedepan, bukan hanya visi lima tahun kedepan.

Penghentikan mega proyek ini, tertuang dalam selembar surat dari Kementerian Perhubungan yang ditujukan Kepada Bupati Fakfak pada Maret lalu. Hal ini disampaikan oleh Plh. Kepala Bandara Torea Fakfak, Sania Sirfefa.

“Suratnya sudah ada sejak Maret lalu. Intinya, kementerian tidak menyetujui pembangunan Bandara Siboru, dan meminta mengoptimalkan Bandara Torea,” jelas Sania.

Sayangnya, Sania belum bisa menunjukkan surat dimaksud, sebab disimpan oleh Kepala Bandara Torea, yang sedang mengikuti kegiatan dinas di Bogor.

Sania, lebih lanjut menjelaskan bahwa, pihaknya akan melakukan langkah optimalisasi Bandara Torea, sehingga menjadi bandara yang baik.

“Untuk itu, kami akan memperpanjang landasan pacu atau run way hingga 200 meter lagi. Selain itu, akhir April ini akan dilakukan renovasi terminal penumpang,” ujar Sania.

Proyek pembangunan Bandara Siboru sebenarnya diharapkan menjadi pintu gerbang udara Fakfak, yang bisa didarati pesawat berbadan besar. Tenu, proyek ini nantinya akan diikuti dengan pembangunan infrastruktur lain, seperti pembangunan jalan yang lebar dan mulus bernilai fantastis.

Belum diketahui bagaimana nasib lokasi proyek tersebut. Di awal pembangunannya, pohon pohon besar ditebang, gunung dipotong dan diratakan, dana miliaran dianggarkan. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Terminal penumpang yang sedang dibongkar (kiri) dan VIP Room yang belum dibongkar

VIP Room Belum Dibongkar, Renovasi Terminal Bandara Torea Kuatir Terhambat

Fakfak_ Bandar Udara Torea Fakfak sedang berbenah diri. Beberapa hari ini, terminal penumpang bandara kelas ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>