Home / Headline / 2 Tahun Winder Data, Apa Kiprahnya?

2 Tahun Winder Data, Apa Kiprahnya?

Winder data, pusat data yang masih memerlukan sentuhan khusus
Winder data, pusat data yang masih memerlukan sentuhan khusus

Fakfak_ 2 tahun lebih sudah, winder data yang pada awal konsepnya merupakan pusat data atau pusat informasi pembangunan di Kabupaten Fakfak ini, hingga kini masih belum sesuai dengan angan-angan pencetusnya. Hingga kini, informasi mengenai hasil pembangunan, serta informasi lainnya, belum tersedia di lembaga yang dilengkapi dengan peralatan mahal ini.

Kunjungan media ini ke gedung winder data pada Rabu (13/10) siang, hanya mendapati beberapa siswa-siswi yang tengah asyik berkumpul, sembari menghindar dari sengatan matahari siang. Sedangkan di dalam gedung, hanya ada 1 siswa yang hanya duduk.

Efit Ana Wijaya dan Irsan Irmansyah, dua pegawai pada Bappeda Fakfak yang bertugas di winder data menjelaskan bahwa, jumlah pengunjung ke winder data setiap bulannya, rata-rata 500 orang pengunjung.

“Yang berkunjung ke winder data biasanya memanfaatkan jaringan v-sat dan perpustakaan saja. Namun karena kapasitas v-sat hanya 1 Mbps, maka internetnya sering tidak lancar,” jelas Efit, yang dibenarkan Irsan.

Sebenarnya, Bappeda sebagai “pemilik” winder data, sudah harus mengisi winder data dengan segala data terkait Kabupaten Fakfak. Juga, melengkapi buku-buku diperpustakaannya. Apalagi, winder data yang diresmikan pada Agustus 2014 lalu itu, digadang-gadang sebagai tempat yang one stop service di bidang pencarian data.

Jika Bappeda “belum sempat” melengkapi informasi yang dibutuhkan, perlu dicarikan pihak ketiga yang bisa memberikan layanan itu. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

BRI Cabang Fakfak menggelar kegiatan sosial bertajuk “BRI Mencerdaskan Anak Bangsa” di SD YPPK St. Agustinus, Fakfak

Serangkai HUT BRI Ke 122, BRI Cabang Fakfak Gelar BRI Mencerdaskan Anak Bangsa

Fakfak_ BRI Cabang Fakfak, dalam rangkaian HUT BRI ke 122 tahun 2017, menggelar kegiatan sosial ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>