Home / Headline / Pasir Langka, Kebutuhan Pasir Untuk TMMD Dikawal Ketat

Pasir Langka, Kebutuhan Pasir Untuk TMMD Dikawal Ketat

Pembersihan dan pendirian tenda basecamp TMMD
Pembersihan dan pendirian tenda basecamp TMMD

Fakfak_ Dipimpin Komandan SSK TMMD ke 97, Kapten Inf. Bonaji, 25 personil Kodim 1706/Fakfak yang tergabung dalam pasukan Pra TMMD ke 97, melakukan pembersihan dan mendirikan tenda, untuk basecamp TMMD. Kegiatan ini merupakan langkah awal, sebelum TMMD ke 97 digelar pada 20 September sampai 19 Oktober 2016 nanti, di Kampung Weri Kapal, Distrik Fakfak.

Sebelumnya, pasukan Pra TMMD ke 97 tersebut menggelar apel di lapangan apel Makodim 1706/Fakfak. Apel ini dimaksudkan untuk mengecek kesiapan pelaksanaan TMMD ke 97, yang rencananya akan dibuka oleh Bupati Fakfak, Drs. Muhammad Uswanas, M.Si dan akan ditutup oleh Komandan Korem 171/PVT, Brigjen TNI Purnawan Widi Andaru, SH.

Dalam TMMD ke 97 kali ini, akan disasar 4 pembangunan fisik, yakni membangun jalan cor beton sepanjang 300 meter, membangun 1 unit Balai Kampung, membangun 1 unit Gedung PAUD dan merahab 1 bak air kampung.

Meski saat ini tengah terjadi kelangkaan pasir, namun dipastikan kebutuhan pasir dalam TMMD ke 97 ini tercukupi.

Pasintel Kodim 1706/Fakfak, Lettu Inf. Welem Sepusepa menjelaskan bahwa, masalah pasir telah mendapatkan solusinya.

“Kami menyurati semua pihak yang terkait dengan perijinan pasir, bahwa pasir akan kami gunakan untuk pembangunan fisik pada TMMD, bukan untuk kepentingan lain, apalagi bisnis. Untuk itu, dalam pelaksanaannya di lapangan, pencarian pasir dan distribusi hingga lokasi TMMD akan mendapat pengawalan dari personil Kodim,” jelas Welem.

Memang, pasir saat ini tengah “langka”, disebabkan adanya larangan eksplorasi pasir. Larangan ini dikeluarkan, lantaran eksplorasi pasir pantai, telah menyebabkan kerusakan pantai dan ekosistim laut pesisir.

Selain itu, eksplorasi pasir hingga kini dipandang belum memberikan pemasukan daerah secara signifikan. Padahal, harga pasir di Fakfak, termasuk mahal. Jika sebelumnya harga pasir 1 rit kecil dipatok sekitar 350.000, kini, ditengah “kelangkaan” pasir, harganya mencapai 700.000 per rit kecil. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Survei Tempatkan TNI Sebagai Institusi Paling Solid dan Terpercaya

Fakfak_ Di HUT TNI ke 72 tahun 2017 yang diperingati pada 5 Oktober kemarin, angka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *