Home / Headline / Ternyata Masih Ada Yang Puasa Mendahului

Ternyata Masih Ada Yang Puasa Mendahului

Salah seorang tokoh masyarakat Kampung Sekru, H. Arianto patiran.
Salah seorang tokoh masyarakat Kampung Sekru, H. Arianto patiran.

Fakfak_ Informasi awal bahwa masyarakat muslim di Kampung Sekru akan menjalankan ibadah puasa bersamaan pada Senin (6/6), ternyata tidak sepenuhnya menjadi kenyataan. Sebagian umat muslim disana, diketahui telah sholat tarawih pada Sabtu (4/6) lalu, sehingga puasa pada Minggu.

Tokoh masyarakat Kampung Sekru, H. Arianto patiran, ketika ditemui di Kantor Bupati Fakfak Terpadu menjelaskan bahwa, tidak seluruh masyarakat muslim yang puasa mengikuti anjuran pemerintah.

“Memang sudah ada yang puasanya mendahului. Mereka menggelar sholat tarawih di masjid kampung. Dan bagi yang puasa pada Senin (6/6) mereka bisa tarawih di masjid lain yang lokasinya terdekat. Begitu pula saat idul fitri nanti,” jelas Arianto Patiran.

Belum diperoleh informasi, mengapa masih ada masyarakat yang masih berpuasa mendahului ketetapan pemerintah.

Sebelumnya diberitakan bahwa, umat muslim di Kampung Sekru yang selama ini selalu berpuasa mendahului ketetapan pemerintah, akan puasa bersamaan dengan umat muslim yang lain. Informasi ini sempat disyukuri Ketua MUI Kabupaten Fakfak, Ustadz H. Mustaghfirin.

Ternyata, belum ada kesepemahaman metode untuk menentukan awal Ramadhan. Masih ada masyarakat yang tetap berpegang teguh pada ajaran “warisan” nenek moyang, yang dipandang menyelisih dari ketentuan Nabi Muhammad. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Pawai khataman al Qur’an dari MAN Fakfak dan peserta pawai akbar nampak dikejauhan

Seribuan Orang Ikuti Pawai Akbar Tahun Baru Islam

Fakfak_ Seribu lebih orang, diperkirakan mengikuti pawai akbar dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam, 1 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>