Home / Headline / “Warisan” Mayor Jadi Lokasi Wisata Baru

“Warisan” Mayor Jadi Lokasi Wisata Baru

Suasana wisata pantai  Jalan Baru
Suasana wisata pantai Jalan Baru

Fakfak_ Jalan baru atau Jl. Dr. Salasa Namudat yang identik dengan debu dan lokasi mesum, kini menjelma menjadi destinasi atau tujuan wisata baru. Dulu, lokasi sepanjang 1,5 Km ini merupakan timbunan batu batu besar, hasil proyek reklamasi pantai. Area reklamasi yang berlokasi tak jauh dari Pelabuhan Fakfak itu, utamanya di hari libur, kini dikunjungi ratusan warga Fakfak untuk refreshing.

Adalah Penjabat Bupati Fakfak, Oktovianus Mayor, S.Sos. yang memprakarsai pembangunan lokasi wisata itu. Timbunan batu-batu besar disulap menjadi tangga-tangga bersentuhan langsung dengan air laut, sehingga pengunjung bisa menikmati suasana laut, sembari duduk-duduk menikmati kuliner, bahkan berenang.

“Inovasi yang hebat. Kalau perlu pembangunan yang sudah dimulai itu, Bupati Fakfak saat ini bisa melanjutkan. Jangan sampai Fakfak kalah dengan daerah lain,” kata Kajari Fakfak, Rilke Jeffry Huwae.

Jeffry menambahkan, akan lebih baik jika sejak mula, lokasi berjualan dan lokasi untuk pengunjung diatur dengan baik. “Bisa meniru daerah lain. Sebaiknya, lokasi orang berjualan dipisah dengan lokasi pengunjung, agar pengunjung lebih bebas. Kalau tidak diatur sejak awal, bisa menimbulkan masalah dikemudian hari,”

Safitriani, warga Fakfak asal Lombok mengaku senang dengan adanya lokasi wisata baru ini. “Lokasi wisata yang lain, cukup jauh dari kota. Kalau lokasi ini, memang berlokasi di kota. Sehingga, warga bisa kapanpun kesini,”

Dengan semakin membludaknya masyarakat yang berkunjung, saat-saat tertentu, polisi menutup satu jalur jalan, agar keamanan pengunjung lebih terjamin. Kedepan, pemerintah daerah sebaiknya menyediakan fasilitas pertolongan pertama, serta menyiagakan tim penyelamat di laut.

Hal tersebut wajib, sebab lokasi tersebut bersinggungan langsung dengan laut yang cukup dalam, dan terdapat binatang laut yang berbahaya. Beberapa kali media ini menjumpai ular laut belang hitam putih yang muncul dari balik batu. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Tangga yang dipenuhi lumut, menjadi licin dan berpotensi bahaya

Wisata Pantai Jalan Baru Berlumut, Besi Mencuat, Membahayakan Pengunjung

Fakfak_ Wisata pantai di Jalan Baru yang baru berusia beberapa bulan, perlu mendapat perhatian pemerintah ...

One comment

  1. jang bicara proyek saja trus !!! pikir juga lingkungan ! bgmana dampak.a pada lingkungan ! lihat dulu daerah jalan baru masih bersih ikan cantik banyak terumbu juga . tapi lihat sekarang !!! cuma mementingkan sisi ekonominya ! mana dari departemen lingkungan ! perhatikan hal itu ! yg membuat proyek juga jgn cuma abal2 !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>