Home / Headline / Warga Wagom Desak Bangun Puskesmas, Pemda Kesulitam Lahan

Warga Wagom Desak Bangun Puskesmas, Pemda Kesulitam Lahan

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak, Wamaer Frits, SKM. M.Epid.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak, Wamaer Frits, SKM.
M.Epid.

Fakfak_ Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten yang diselenggarakan di Wintder Tuare beberapa waktu lalu, mencuat keinginan warga Kelurahan Wagom, Distrik Pariwari, agar Pemerintah Daerah membangun sebuah Puskesmas. Desakan ini muncul, lantaran jumlah penduduk Keluarahan Wagom terbilang banyak. Adalah Abas Rohrohmana, salah seorang warga Wagom, yang mengusulkan hal itu.

“Di Wagom itu, Puskesmas harus ada, agar pasien tidak perlu jauh jauh ke Puskesmas kota atau Puskesmas di Sekban,” ujar Abas beralasan.

Selain karena besarnya jumlah penduduk, adanya aturan bahwa pasien diminta untuk periksa di Puskesmas dulu sebelum dirujuk ke RSUD, juga menjadi alasan. Selama ini, warga Wagom harus “lari” ke Puskesmas puncak yang jaraknya cukup jauh dan harus antri cukup lama. Sedangkan Puskesmas di Sekban, peralatannya belum mencukupi.

Menanggapi usulan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak, Wamaer Frits, SKM.
M.Epid. menyampaikan, usulan pembangunan Puskesmas di Wagom sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun lalu. Namun, masalah lahan belum terpecahkan.

“Usulannya sudah dilakukan sejak tahun lalu, namun kami kesulitan mendapatkan lahan. Sebab, rumah rumah di Wagom sudah rapat. Lahan sulit didapat. Selain perlu lahan luas untuk bangunan Puskesmasnya, tentu perlu lahan untuk parkir kendaraan,” jelas Firtz. “Kami sebenarnya mengincar bekas Kantor Dinas Pertambangan. Tetapi, kantor tersebut dipakai untuk Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah,” lanjutnya.

Harapannya, mudah-mudahan tahun ini masalah lahan mendapatkan solusinya. Sebab, kebutuhan sebuah Puskesmas di Wagom, memang sudah cukup mendesak. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Suasana saat Khitanan Massal 2000 Anak Papua di Fakfak

Tim Medis Khitanan Massal Fakfak Temukan Kasus hipospadia

Fakfak_ Tim medis RS Nur Hidayah, Bantul, yang melakukan khitanan massal di Masjid Al Munawwarah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>