Home / Headline / Dua Kapal Tongkang Diamankan TNI AL Pos Fakfak

Dua Kapal Tongkang Diamankan TNI AL Pos Fakfak

Tongkang dan tugboat yang diamankan TNI AL Pos Fakfak
Tongkang dan tugboat yang diamankan TNI AL Pos Fakfak

Fakfak_ TNI AL Pos Fakfak, mengamankan sementara 2 kapal tongkang yang memuat 8.000 meter kubik kayu log berbagai jenis, milik PT. Arfak Indra. Saat ini, kedua kapal tongkang beserta 2 Tug Boat, lego jangkar di dekat Pulau Tubir Seram, Fakfak.

Pimpinan PT. Arfak Indra Cabang Fakfak, Junaedi, membenarkan ditahannya kapal yang memuat kayu milik perusahaannya itu. Namun, masalah yang muncul bukan terkait kayunya, tetapi terkait kapal yang mengangkutnya.

“Memang benar kapal tersebut memuat kayu kami. Tongkang tersebut diamankan oleh KRI Yosefa milik TNI AL, dari Goras, Karas ke Fakfak. Sedianya, kayu dikirim ke Surabaya. Untuk dokumen kayu, tidak ada masalah, kok. Dokumen lengkap. Informasinya, masalah terjadi terkait kapalnya. Coba konfirmasi ke agen perjalanan kapal tersebut,” jelas Junaedi.

Dijelaskan, tongkang tersebut diamankan saat masih berada di Pelabuhan Goras, jadi posisi tongkang belum jalan. “Jadi bukan ditangkap di tengah laut. Itu kapal masih di pelabuhan,”

Disinggung soal larangan kayu log keluar Papua, menurut Junaidi, larangan tersebut baru berlaku pada Januari 2017. Junaedi juga mengakui bahwa pihaknya masih bermasalah terkait hak ulayat atas kayu-kayu tersebut.

“Kami akan segera membayar hak ulayatnya. Sesuai aturan, untuk kayu merbabu dihargai 100.000 setiap meter kubiknya. Sedangkan kayu lain dihargai 40.000/meter kubik,” jelas Junaedi.

Sementara itu, Komandan Pos TNI AL Fakfak, Letda Laut (CP) Hadyk Ady Purba Adilaksono belum berhasil dikonfirmasi. Dihubungi via telepon, Danposal mengaku masih di tongkang dan berjanji bertemu wartawan di kantornya. Namun hingga sore, Danposal belum kembali ke kantornya yang berlokasi di Wagom. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Lapor Balik Penganiayaan Dan Perusakan, FK Juga Akan Laporkan Soal Cek Bodong

Fakfak_ FK atau Fredy Kerryanto, anggota DPRD Kabupaten Fakfak yang dilaporkan Lando Iha terkait dugaan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *