Home / Headline / Dispora Papua Barat Fokus Bangun Website

Dispora Papua Barat Fokus Bangun Website

Suasana Rakornis Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua Barat di Fakfak
Suasana Rakornis Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua Barat di Fakfak

Fakfak_ Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua Barat berfokus membangun jaringan komunikasi online dalam Tahun Anggaran 2016. Penegasan ini disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Papua Barat, Istiyono, S.Sos.,S.Pd.,M.Pd, saat penyelenggaraan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua Barat di Fakfak, 30 Maret – 1 April 2016 lalu, bertempat di Hotel Grand Papua Fakfak.

Menurut Istiyono, pelaksanaan Rakornis bertujuan mengsinergikan Program Kerja Provinsi dan Kabupaten/Kota, yang kemudian disinergikan dengan program nasional dari Kementerian Pemuda dan Olahraga. Rakornis juga merupakan forum evaluasi program tahun 2015, untuk perbaikan di tahun 2016 ini.

Salah satu program yang tertunda dari tahun lalu ialah, pengelolaan jaringan komunikasi berbasis internet yaitu Website Dinas Pemuda dan Olahraga, yang tidak dapat dimanfaatkan oleh petugas bidang Pemuda dan Olahraga di tingkat kabupaten.

Kepala Dispora, Istiyono, saat menyampaikan arahan menunjukan halaman Website Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua Barat, hanya berisi informasi berita aktifitas di tingkat provinsi, sedangkan laman untuk kabupaten/kota masih kosong melopong.

 “Tahun lalu kita belum punya petugas, sekarang SDM sudah tersedia. Yang saya bangun sekarang ini komunikasi dulu. Komunikasi ini penting sekali diantara Kepala Dispora provinsi dengan Kepala Dinas di kabupaten dan kepala-kepala bidangnya,” tegas Istiyono

Menurut Istiyono, banyak laporan pejabat bidang Pemuda dan Olahraga di kabupaten/kota se-Papua Barat, seringkali tidak berkesempatan mengikuti kegiatan-kegiatan penting di tingkat provinsi dan tingkat nasional, pasalnya informasi kegiatan baru diketahui setelah kegiatan sudah berakhir.

“Website ini terhubung dengan Link Kementerian Pemuda dan Olahraga, sehingga informasi penting dan terbaru, dapat segera diketahui oleh semua jaringan bidang Pemuda dan Olahraga,” tambah Istiyono.

Dukungan penggunaan Website disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sorong, Dr. Drs. Yoseph Salosa, M.Si, satu-satunya Kepala Dinas yang mengikuti Rakornis ini. “Website sangat diperlukan untuk mengefisienkan komunikasi, terutama saat ini layanan seluler telah hampir merata di ibukota-ibukota kabupaten/kota, bahkan di distrik-distrik di seluruh Papua Barat,” ungkap Salosa.

Menurut Salosa, teknologi informasi dan komunikasi berbasis internet sudah menjadi kebutuhan dunia pendidikan saat ini, sehingga harus segara dilaksanakan.

Rakornis ini dihadiri pejabat teknis Bidang Pemuda dan Olahraga dari 13 Kabupaten/Kota se-Provinsi Papua Barat.

Ketua Panitia Rakornis, La Irama, SH.,MH, menjelaskan, Rakornis ini menjadwalkan pembahasan Program Kerja Tahun Anggaran 2016 setiap Bidang Pemuda, Bidang Olahraga dan Bidang Sarana Prasarana. Rakornis juga berguna sebagai forum evaluasi program tahun anggaran sebelumnya dan mempersiapkan Rencana Program Tahun Anggaran 2017.

“Rakornis merupakan agenda tahunan Dispora Papua Barat, yang diselenggarakan berpindah tempat dari satu kabupaten ke kabupaten lain di wilayah Papua Barat,” jelas La Irama, yang juga bertugas sehari-hari sebagai Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua Barat.

Pihak Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua Barat, berharap perhatian serius dari semua Bupati/Walikota se-Papua Barat, mengingat potensi Pemuda dan Olahraga di Tanah Papua ini cukup besar dan berpeluang meraih prestasi terbaik dalam berbagai ivent yang dapat mengangkat nama baik, harkat dan martabat orang daerah ini. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Suasana Kopi Morning & Bincang - bincang Milenial di Kampus Polinef

Bincang Milenial Dandim 1803/Fakfak Dengan Mahasiswa Fakfak

INFOFAKFAK.COM, PARIWARI_ Komandan Kodim 1803 Fakfak, Papua Barat, Letnan Kolonel Inf. Yatiman, A.Md., menginisiasi dialog ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>