Home / Fakfak News / Ekonomi / 40 Hari Lagi, Sensus Ekonomi 2016 Dimulai

40 Hari Lagi, Sensus Ekonomi 2016 Dimulai

Plt Sekda Fakfak, H. Nasrun P Elake menyematkan pin kepada perwakailan masyarakat
Plt Sekda Fakfak, H. Nasrun P Elake menyematkan pin kepada perwakailan masyarakat

Fakfak_ Sensus Ekonomi (SE) 2016, tak lama lagi akan segera dilaksanakan. Ya, 40 hari atau 1 hingga 31 Mei 2016, sensus ini akan berlangsung sebulan penuh. BPS sebagai penyelenggaran sensus ini, Jumat (18/3) telah menggelar apel kesiapan, yang dilaksanakan di area parkir Pasar Thumburuni, Fakfak. Dalam apel yang dipimpin oleh Plt. Sekda Fakfak, H. Nasrun P Elake ini, nampak kesiapan petugas sensus.

Dalam sambutannya, Nasrun mengingatkan bahwa SE 2016 sangat penting bagi Bangsa Indonesia.

“Saya ingatkan, seluruh aparat pemerintahan harus turut mensukseskan sensus ekonomi ini. Sebab sensus ini sangat penting, sebagai data dasar untuk menentukan kebijakan pemerintah,” ujar Nasrun.

Senada dengan Sekda, Kepala BPS Fakfak, H. Mustamir Rahman, SE. MM. menyampaikan bahwa, hasil SE 2016 sebagai data informasi untuk pengembangan usaha dan daya saing bangsa. Selain itu, SE 2016 merupakan pondasi bagi pengukuran kegiatan usaha di Indonesia

“Banyak yang bisa dihasilkan dari SE 2016 ini. Intinya adalah sebagai data dasar untuk membuat kebijakan ekonomi bangsa. Untuk itu, sasaran SE 2016 adalah semua bidang perekonomian masyarakat, kecuali pertanian, sebab pertanian ada sensusnya tersendiri,” jelas Mustamir.

Nampaknya, sosialisasi sensus ini harus terus dilangsungkan. Sebab, tak semua orang paham tentang maksud dan tujuan dilaksanakannya sensus ini.

Ali misalnya, pedagang elektronik di Pasar Thumburuni ini, mempertanyakan kenapa mesti ada sensus disaat musim dagang sepi. Baginya, keuntungan sehari yang kini tidak menentu, belum memerlukan sensus.

“Saya kuatir, setelah sensus nanti, justru ada kenaikan pajak bagi perdagangan,” ucapnya.

Bagi Ali, jika memang sensus dilaksanakan, harus dilakukan sosialisasi secara terus menerus, agar masyarakat, utamanya pedagang bisa paham.

Usai apel siaga, Sekda menyematkan pin kepada perwakilan masyarakat dan pemerintahan, sebagai bentuk dukungan mensukseskan Sensus Ekonomi 2016. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Nahkoda KCT 1308, Kapten Arfan Idrus bersama seorang ABK.

Sampah Di Laut Menghambat Tugas Wartawan

Fakfak_ Tak banyak yang tahu jika Plt. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Fakfak, Untung ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>