Home / Headline / Perbakin Gandeng Polisi Akan Razia Senjata

Perbakin Gandeng Polisi Akan Razia Senjata

Rapat membahas kegiatan Tahun 2016
Rapat membahas kegiatan Tahun 2016

Fakfak_ Pengurus Kabupaten Perbakin Fakfak, berencana melakukan razia terhadap kepemilikan senjata, utamanya airgun, softgun maupun senapan angin. Kegiatan bersama polisi ini dimaksudkan sebagai upaya antisipasi penggunaan senjata secara illegal, diluar untuk olahraga dan berburu.

“Kami mendapat surat dari Polda yang meminta untuk selalu melaporkan data kepemilikan senjata bagi anggota. Sedangkan di luar anggota, kami juga diminta melakukan pendataan. Untuk itu, langkah awal dari pendataan tersebut, kami akan mengajak pemilik senjata tersebut untuk bergabung bersama Perbakin, yang merupakan organisasi resmi dan satu-satunya, agar menjadi legal dan mendapat pembinaan,” ujar Ketua Pengkab Perbakin Fakfak, Safi Yarkuran, S.Sos.

Menurut Safi, saat ini banyak pemilik senjata tersebut, yang belum melaporkan kepemilikannya kepada Perbakin atau kepolisian.

Husein, Pemimpin Unit BRI Danaweria yang merupakan anggota senior Perbakin, menyampaikan bahwa, bagaimanapun senjata-senjata tersebut dapat membahayakan, jika dipergunakan buka pada peruntukannya.

“Beberapa tahun lalu, kepemilikan senjata tersebut, seperti softgun, belum ketat. Tetapi seiring perkembangan, dimana banyak kejadian kriminal yang mempergunakan senjata api dan replikanya, maka kepemilikan softgun, airgun dan sejenisnya, semakin diperketat,” terang Husen.

Pengalaman ribet urusan senjata, dialami oleh Aslan Bukhari, Sekretaris Pengkab Perbakin Fakfak, saat mengurus pengadaan senjata dari Jakarta beberapa waktu lalu.

“Prosedur pengadaan dan bagasi di pesawat, seperti membawa senjata api organik. Diperiksa ketat, meski senjata tersebut diangkut dalam bagasi, dan sudah dipacking,” ujar Aslan.

Ke depan, tantangan bagi Pengkab Perbakin Fakfak ialah menyiapkan atlit menembak tingkat propinsi. Ini adalah target awal.

Sayangnya, dana yang belum memadai, membuat agenda kegiatan 2016 tersebut, membutuhkan kerja keras. Apalagi, olahraga menembak memang dikenal sebagai olahraga mahal. Peralatan Perbakin Fakfak belum seluruhnya memenuhi standart. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Suasana pembukaan open turnamen bulutangkis di Gudang Pelindo Fakfak

Peringati Sumpah Pemuda, PBSI Perebutkan Hadiah 25 juta

Fakfak_ Memperingati Hari Sumpah Pemuda, PBSI Fakfak, kerja bareng Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Fakfak dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>