Home / Headline / Penetapan Cabup Bakal Tertunda Lagi?

Penetapan Cabup Bakal Tertunda Lagi?

Ramli uswanas ketika berada di Kantor KPU RI
Ramli uswanas ketika berada di Kantor KPU RI

Fakfak_ Agenda KPU Fakfak, yakni penetapan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Fakfak dan pengundian nomor urut pasangan, kemungkinan akan molor lagi. Sebelumnya, penetapan yang seharusnya digelar pada Senin lalu (14/9), terpaksa diundur hingga hari ini (17/9), karena verifikasi ke kedua kubu DPP Partai Golkar dan DPP PPP, serta klarifikasi masalah surat edaran KPU RI nomor 501, belum selesai.

Hingga berita ini dinaikkan, media ini mendapat informasi bahwa, KPU telah melakukan verifikasi ke DPP Partai Golkar versi Agung Laksono.

Calon Bupati Fakfak yang gugur di meja KPU, Inya Bay, tidak yakin jika KPU bisa melakukan penetapan hari ini. Sebab, berdasarkan informasi yang dihimpunnya, KPU belum melakukan verifikasi ke semua DPP.

Saya mendapat info, KPU Fakfak berada di DPP Golkar kubu AL. Kebetulan di DPP sedang ada rapat. Tapi sudah ketemu dengan Ketua Umum dan Sekjennya, atau belum, saya belum tahu. Sedangkan Sekjen kubu ARB, Yakni Idrus Marham, sedang berada di Mekah. Padahal, verifikasi itu, harus kepada Ketua Umum dan Sekjen. Tidak boleh ke orang lain,” jelas Inya. “Belum lagi klarifikasi mengenai surat KPU nomor 501 itu. Tentu ini makan waktu,” imbuhnya.

Sementara itu, Muhammad Ramli Uswanas, mengaku bahwa hingga kini dirinya belum berhasil bertemu komisioner KPU RI.

 

“Hari ini (kemarin, red) mereka keluar daerah, jadi saya diminta kembali Kamis (17/9) besok. Saya sudah bertemu dengan Biro Hukum KPU RI, dan intinya mereka menyebut bahwa surat nomor 501 itu bukan surat edaran, melainkan surat dinas. Soal tidak ada cap atau stempel, serta legal standing surat, komisioner KPU sendiri yang akan menjelaskan,” ujar Ramli.

Dikatakan Ramli, saat dirinya ke Bawaslu RI, pihak Bawaslu menyampaikan bahwa, pihaknya agak sulit berkoordinasi dengan Bawaslu Propinsi PB.

Sayangnya, pihak KPU dan Panwas Fakfak, yang dikonfirmasi masalah ini, belum memberikan respon. (wah)

 

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Lampiran pengumuman Timsel 2

6 Calon Anggota KPU Kabupaten Fakfak Sudah Final, Tunggu Keputusan KPU RI

Fakfak_ Enam orang calon anggota KPU Kabupaten Fakfak, yakni Abdon Retraubun, Yanuaris Kery Meak, Hasanuddin ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>