Home / Headline / Jangan Gunakan Tas Plastik Hitam Untuk Bungkus Daging Qurban

Jangan Gunakan Tas Plastik Hitam Untuk Bungkus Daging Qurban

Peringatan Publik BPOM RI tentang kantong plastik
Peringatan Publik BPOM RI tentang kantong plastik

Fakfak_ Hari Raya Idul Fitri atau disebut juga Hari Raya Qurban, beberapa hari akan menyapa umat muslim di seluruh dunia. Usai melaksanakan sholat Idul Adha, akan dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban. Dan selanjutnya, daging qurban ini, akan didistribusikan kepada yang berhak menerimanya.

Hal penting yang harus menjadi perhatian panitia pemotongan hewan qurban antara lain, menjaga kebersihan daging yang akan dibagikan tersebut. Selain itu yang tak kalah penting, jangan menggunakan tas plastik atau tas kresek hitam untuk membungkus daging qurban.

Dosen Fakultas Kedokteran Hewan IPB, Yusuf Ridwan, mengingatkan potensi bahaya tas kresek hitam ini.

“Tas kresek hitam merupakan tas hasil daur ulang. Kita tidak tahu, riwayat plastik yang didaur ulang tersebut. Bisa jadi, dulunya, tas plastik yang didaur ulang tersebut untuk membungkus bahan berbahaya semisal kotoran, logam berat, kimia berbahaya atau barang haram lainnya. Tas kresek hitam juga disinyalir mengandung zat karsinogen yang bisa menjadi penyebab kanker,” ujarnya.

Dr. Aurik Gustomo, aktivis muslim yang juga dosen di ITB Bandung, melalui komunikasi whatsapp kepada media ini membenarkan hal tersebut. “Lebih baik menghindari dan gunakan saja tas plastik putih transparan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Fakfak, Djamaluddin Leto, S.Ag. M.MPd. mengharapkan, agar masalah ini mendapat perhatian serius panitia penyembelihan hewan qurban.

“Lebih baik menghindari hal hal yang bisa membahayakan. Mari kita gunakan tas plastik yang aman bagi kesehatan, agar hati tenang. Apalagi sudah ada peringatan publik dari BPOM RI,” kata Kepala KUA Fakfak Tengah ini. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Pawai khataman al Qur’an dari MAN Fakfak dan peserta pawai akbar nampak dikejauhan

Seribuan Orang Ikuti Pawai Akbar Tahun Baru Islam

Fakfak_ Seribu lebih orang, diperkirakan mengikuti pawai akbar dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam, 1 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>