Home / Headline / Nama Terminal Penumpang Pelabuhan Belum Temui Titik Temu

Nama Terminal Penumpang Pelabuhan Belum Temui Titik Temu

Menejer Pelindo IV Cabang Fakfak, Bambang P Handoko
Menejer Pelindo IV Cabang Fakfak, Bambang P Handoko

Fakfak_ Pemberian nama bagi sesuatu memang penting. Minimal, memudahkan kita memanggil sesuatu itu. Demikian pula dengan pemberian nama bagi terminal penumpang Pelabuhan Fakfak yang segera diresmikan pada 27 Agustus mendatang.

Meski kurang empat hari akan diresmikan, nama terminal penumpang tersebut, masih belum menemui titik temu. Ada dua pihak yang mengusulkan nama, yakni Pemerintah Kabupaten Fakfak yang mengusulkan nama Henggi, dan keluarga besar Ndandarmana yang menginginkan nama moyangnya, yakni Ndari Pihe Pihe, menjadi sebutan terminal tersebut.

Sabtu (22/8) lalu, pembahasan mengenai nama terminal itu, belum membuahkan hasil. Pihak Pelindo IV, sebagai pengelola pelabuhan telah memberikan porsi lebih, bagi penamaan terminal berlantai dua tersebut.

“Kalau penamaan terminal, tidak ada aturan yang mengikat. Silakan diberi nama apa saja. Kecuali nama pelabuhannya, ada aturan yang mengikatnya,” ujar Menejer Pelindo IV Cabang Fakfak, Bambang P Handoko. “Dan sebaiknya segera ditentukan namanya, agar prasasti yang akan ditandatangani oleh Direktur Pelindo IV nanti, sudah ada namanya,” lanjutnya.

Sementara itu, Clifford Ndandarmana yang mengusulkan nama Ndari Pihe Pihe, meminta ada kearifan lokal yang memberikan penghargaan bagi moyangnya tersebut.

“Ndari Pihe Pihe adalah nama moyang kami, yang kali pertama berada di area pelabuhan dan sekitarnya ini,” jelas Clifford.

Masih satu rangkaian dengan peresmian terminal penumpang tersebut, rencananya, Direktur Pelindo IV akan membuka pelatihan motivasi bagi 100 guru, yang akan mendatangkan motivator dari Jakarta.

“Tanggal 28 Agustus, Direktur akan membuka pelatihan motivasi, yang tujuannya tentu saja memberikan motivasi bagi para guru, agar lebih semangat mengemban tugasnya. Kegiatan ini merupakan program BUMN yang dilaksanakan serentak, dan Pelindo IV telah melaksanakan kali pertama di Jayapura, dan disusul di Fakfak ini,” jelas Bambang.

Menurut Bambang, pihaknya menyerahkan kepada pihak Dinas Pendidikan, untuk menunjuk guru yang akan mengikuti kegiatan ini. (wah)

 

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Dirut Pelindo IV menyerahkan potongan tumpeng kepada Bupati Fakfak

Direktur Utama Pelindo IV Resmikan Terminal Penumpang Ndari Pihebihe

Fakfak_ Direktur Utama PT. Pelindo IV, Mulyono, Kamis sore (27/8) meresmikan penggunaan gedung terminal penumpang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>