Home / Headline / Kepala KSOP Fakfak Tekad Berantas Pungli Pelabuhan

Kepala KSOP Fakfak Tekad Berantas Pungli Pelabuhan

Kepala Kantor KSOP Fakfak, Petrus Kristanto Maturbong
Kepala Kantor KSOP Fakfak, Petrus Kristanto Maturbong

Fakfak_ Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas V Fakfak, Petrus Kristanto Maturbong, bertekad untuk menekan aksi pungutan liar atau pungli di Pelabuhan Fakfak. Hal ini ditegaskan pejabat yang baru dinas di Fakfak sejak Januari lalu itu, usai pertemuan membahas penamaan terminal penumpang Pelabuhan Fakfak.

“Saya sangat setuju dan memang tekad saya, bahwa praktik pungli harus diberantas dari Pelabuhan Fakfak,” ujarnya.

Menurutnya, adanya pungli kadang tercipta karena ada peluang ketika pemakai jasa pelabuhan, meminta “tambahan” layanan kepada pekerja di pelabuhan.

“Namun untuk pungli pada tarif, saya pikir tidak ada. Kemungkinan diluar tarif,” lanjutnya.

Kristanto mengaku pernah memanggil stafnya yang diadukan telah melakukan tindakan tidak sesuai aturan, dan memberikan teguran keras.

“Bagi saya, kalau tidak bisa dibina, maka akan saya laporkan ke atasan, dan itu adalah tindakan kriminal yang tidak bisa ditolerir,” kata Kristanto.

Media ini sempat memberikan saran, agar pihak otoritas pelabuhan dan Pelindo, memasang spanduk besar atau baliho yang berisi himbauan, agar masyarakat melaporkan tindak pungli yang ditemukan ke nomor HP tertentu. Namun, saran ini belum “diotorisasi”.

Kegagalan pemberantasan pungli di pelabuhan akan berdampak negatif pada program nasional pemerintahan Jokowi, yakni Tol Laut, yang rencananya akan di launching September mendatang. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Dirut Pelindo IV menyerahkan potongan tumpeng kepada Bupati Fakfak

Direktur Utama Pelindo IV Resmikan Terminal Penumpang Ndari Pihebihe

Fakfak_ Direktur Utama PT. Pelindo IV, Mulyono, Kamis sore (27/8) meresmikan penggunaan gedung terminal penumpang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>